Penentuan Daya Saing Melalui Pendekatan Resource Based View Ekowisata Batu Katak

Authors

  • Yayuk Yuliana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Jl. Garu II No. 93, Medan 20147, Indonesia Author
  • Ayu Melati Ningsih Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Jl. Garu II No. 93, Medan 20147, Indonesia Author
  • Vera Kristiana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Jl. Garu II No. 93, Medan 20147, Indonesia Author
  • Adinda Putri Maharani Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Jl. Garu II No. 93, Medan 20147, Indonesia Author
  • Cynthia Syahni Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Jl. Garu II No. 93, Medan 20147, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/g4mv1b94

Keywords:

Ekowisata, Pemasaran, Bunga Bangkai

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sumberdaya dan kemampuan dalam bisnis di Ekowisata Batu Katak dengan menggunakan analisis Valueable, Rare, unImitability, Organize (VRIO). Penulisan paper ini menggunakan metode Kualitatif. Penelitian ini termasukpenelitian deskriptif. Berdasarkan keterlibatan peneliti adalah tidak mengintervensi data. Berdasarkan unit analisis sampel  yang digunakan adalah pihak yang mempelopori dibukanya ekowisata Batu Katak. Narasumber yang digunakan adalah narasumber yang berkompeten serta mengetahui kondisi Ekowisata Batu Katak dan mengerti konsep pariwisata. Temuan bahwa Kompetensi inti yang dimiliki oleh ekowisata batu katak  yang berasal dari sumberdaya tangible adalah   kondisi Alam, bunga bangkai yang unik (Amorphophallus titanum) yang tersebar di kebun masyarakat, bahan baku penyedia makanan yang diambil langsung dari kebun masyarakat,  atraksi wisata seperti trekking, tubing, susur gua juga merupakan kekuatan dalam pengembangan ekowisata. Adapun kompetensi lain yang berasail dari sumberdaya intangible dan berdaya saing dengan pesaingnya adalah kedekatan dengan pengunjung dan Berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser, oleh UNESCO sebagai Tropical Rainforest Heritage of Sumatera. Kompetensi di bidang kapabilitas yang dianggap kurang dan memerlukan perhatian khusus adalah skill pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Yuliana, Y., Melati Ningsih, A., Kristiana, V., Putri Maharani, A., & Syahni, C. (2023). Penentuan Daya Saing Melalui Pendekatan Resource Based View Ekowisata Batu Katak. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 5(2), 105-111. https://doi.org/10.36985/g4mv1b94

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)