Penentuan Daya Saing Melalui Pendekatan Resource Based View Ekowisata Batu Katak
DOI:
https://doi.org/10.36985/g4mv1b94Keywords:
Ekowisata, Pemasaran, Bunga BangkaiAbstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sumberdaya dan kemampuan dalam bisnis di Ekowisata Batu Katak dengan menggunakan analisis Valueable, Rare, unImitability, Organize (VRIO). Penulisan paper ini menggunakan metode Kualitatif. Penelitian ini termasukpenelitian deskriptif. Berdasarkan keterlibatan peneliti adalah tidak mengintervensi data. Berdasarkan unit analisis sampel yang digunakan adalah pihak yang mempelopori dibukanya ekowisata Batu Katak. Narasumber yang digunakan adalah narasumber yang berkompeten serta mengetahui kondisi Ekowisata Batu Katak dan mengerti konsep pariwisata. Temuan bahwa Kompetensi inti yang dimiliki oleh ekowisata batu katak yang berasal dari sumberdaya tangible adalah kondisi Alam, bunga bangkai yang unik (Amorphophallus titanum) yang tersebar di kebun masyarakat, bahan baku penyedia makanan yang diambil langsung dari kebun masyarakat, atraksi wisata seperti trekking, tubing, susur gua juga merupakan kekuatan dalam pengembangan ekowisata. Adapun kompetensi lain yang berasail dari sumberdaya intangible dan berdaya saing dengan pesaingnya adalah kedekatan dengan pengunjung dan Berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser, oleh UNESCO sebagai Tropical Rainforest Heritage of Sumatera. Kompetensi di bidang kapabilitas yang dianggap kurang dan memerlukan perhatian khusus adalah skill pemasaran.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yayuk Yuliana, Ayu Melati Ningsih, Vera Kristiana, Adinda Putri Maharani, Cynthia Syahni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.