Pengaruh Kreativitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.36985/1jpw2896Keywords:
Kreativitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasaan PesertaAbstract
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengikuti program JKK selama bulan Maret-April 2020 dan sampel yang diambil sebanyak 68 responden dengan menggunakan strata random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu meliputi Uji Validitas, Uji Reliabillitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Hipotesis digunakan Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2) dengan memakai bantuan SPSS versi 20. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 2,563 + 0,202X1 + 0,698X2 yang artinya apabila variabel independen dianggap konstan maka nilai kepuasan peserta (Y) meningkat 2,563%, apabila kreativitas (X1) naik sebesar 1 satuan maka kepuasan peserta akan meningkat 0,202%, dan apabila kualitas pelayanan (X2) naik sebesar 1 satuan maka kepuasan peserta akan meningkat 0,698%. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas terhadap kepuasan peserta yang ditunjukan dari hasil Uji thitung (2,772)>ttabel (1,668) dengan signifikan 0,007< 0,05. Dan juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta yang ditunjukkan dari hasil Uji thitung (9,617) > ttabel (1,668) dengan signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara kreativitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta hal ini ditunjukkan pada Fhitung65,390 > Ftabel 3,14 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Dengan nilai R2 diperoleh besarnya pengaruh kreativitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta sebesar 66,8% dan sisanya 33,2% dipengaruhi varibel lain diluar penelitian ini
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Siti Syahara, Risma Nurhaini Munthe (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.