Hubungan Kepercayaan Dengan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tiktok Shop (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Pulau Laut Utara)
DOI:
https://doi.org/10.36985/yrb72375Keywords:
Kepercayaan, Keputusan Pembelian, TikTok Shop, MarketplaceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat kepercayaan konsumen memengaruhi keputusan mereka dalam membeli produk di marketplace TikTok Shop. Faktor-faktor yang diukur dalam penelitian ini meliputi kejujuran, kemampuan dan keterampilan pelayanan, kesan dapat diandalkan, kesediaan melindungi konsumen, serta keterbukaan dalam memberikan informasi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner kepada 385 orang responden. Data yang diperoleh dari kuesioner kemudian diolah melalui beberapa tahapan, Selanjutnya, data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen memiliki dampak signifikan terhadap keputusan membeli, yang ditunjukkan dengan nilai thitung 5,846 lebih besar dari ttabel 1,966 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Koefisien Beta sebesar 0,306 mengindikasikan adanya hubungan positif antara kepercayaan dan keputusan membeli. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, semakin besar kemungkinan mereka melakukan pembelian ulang, sedangkan penurunan kepercayaan dapat menurunkan keputusan membeli. Temuan ini membuktikan bahwa kepercayaan merupakan faktor penting dalam membangun kesetiaan konsumen terhadap TikTok Shop
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Habiburrahman, Andriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




