Dinamika Minat Beli Konsumen: Peran Kualitas Produk Dan Promosi Yang Efektif Di Shopee
DOI:
https://doi.org/10.36985/ydx6d166Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Minat Beli KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi minat beli konsumen pada toko online Pabrikolahraga_01 di platform Shopee. Berdasarkan kajian literatur, kualitas produk dan promosi dipilih sebagai variabel independen yang berpotensi memengaruhi minat beli konsumen. Jumlah responden dalam riset ini adalah 96 orang yang didapatkan dari penggunaan rumus Lemeshow, teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria responden berusia minimal 18 tahun, berdomisili di kota Jakarta, dan pernah berbelanja di Pabrikolahraga_01. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kuantitatif yang dimulai dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi dan uji hipotesis menggunakan software SPSS 25 for windows. Data dalam riset ini adalah hasil penyebaran kuesioner melalui google forms, analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk Pabrikolahraga_01 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sementara itu, promosi yang dilakukan oleh Pabrikolahraga_01 juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan, kualitas produk dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang memperhatikan baik kualitas produk maupun promosi dapat berhasil meningkatkan minat beli konsumen. Temuan ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kualitas produk yang baik dan promosi yang efektif dapat meningkatkan minat beli konsumen
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sopio Saputra, Sania Vereysita, Marcella Gouwtami, Tri Lathifah Mesi Andayani, Muhammad Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.