Dinamika Minat Beli Konsumen: Peran Kualitas Produk Dan Promosi Yang Efektif Di Shopee

Authors

  • Sopio Saputra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri Author
  • Sania Vereysita Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri Author
  • Marcella Gouwtami Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri Author
  • Tri Lathifah Mesi Andayani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri Author
  • Muhammad Abdullah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Nusa Mandiri Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/ydx6d166

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi, Minat Beli Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi minat beli konsumen pada toko online Pabrikolahraga_01 di platform Shopee. Berdasarkan kajian literatur, kualitas produk dan promosi dipilih sebagai variabel independen yang berpotensi memengaruhi minat beli konsumen. Jumlah responden dalam riset ini adalah 96 orang yang didapatkan dari penggunaan rumus Lemeshow, teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria responden berusia minimal 18 tahun, berdomisili di kota Jakarta, dan pernah berbelanja di Pabrikolahraga_01. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kuantitatif yang dimulai dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi dan uji hipotesis menggunakan software SPSS 25 for windows. Data dalam riset ini adalah hasil penyebaran kuesioner melalui google forms, analisis data menunjukkan bahwa kualitas produk Pabrikolahraga_01 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sementara itu, promosi yang dilakukan oleh Pabrikolahraga_01 juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan, kualitas produk dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang memperhatikan baik kualitas produk maupun promosi dapat berhasil meningkatkan minat beli konsumen. Temuan ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kualitas produk yang baik dan promosi yang efektif dapat meningkatkan minat beli konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Saputra, S., Vereysita, S., Gouwtami, M., Lathifah Mesi Andayani, T., & Abdullah, M. (2024). Dinamika Minat Beli Konsumen: Peran Kualitas Produk Dan Promosi Yang Efektif Di Shopee. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 248 – 260. https://doi.org/10.36985/ydx6d166

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.