Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial Dan Keterkaitan Konsumen Terhadap Niat Beli Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.36985/p8sx0k76Keywords:
Pemasaran Jejaring Media Sosial, Keterlibatan Konsumen, Minat Pembelian PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini menguji pengaruh media sosial dan keterlibatan konsumen dan niat pembelian pelanggan. Penelitian ini menggunakan data yang diambil dari 253 pengguna situs media sosial di Indonesia. Hipotesis diuji menggunakan model persamaan struktural yang dikembangkan sesuai dengan tinjauan literatur yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial secara signifikan terkait dengan niat pembelian konsumen, di mana keterlibatan konsumen bertindak sebagai variabel mediasi dalam mempengaruhi pengguna media sosial untuk memiliki niat pembelian pelanggan. Penelitian ini memperkuat bahwa pemasar harus menanggapi pentingnya peningkatan penggunaan media sosial karena memiliki pengaruh kuat pada niat pembelian konsumen. Saran manajerial yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah untuk terus memantau keterlibatan konsumen dengan menyesuaikan strategi pemasaran media sosial perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak adanya pendekatan kualitatif, yaitu wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang wawasan dan pengalaman konsumen yang dapat memengaruhi komitmen dan niat pembelian konsumen yang dapat membantu menyempurnakan penelitian di masa depan dengan lebih baik. Selain itu, penelitian di masa depan harus menambahkan variabel penting lainnya seperti kepercayaan, komitmen, dan e - WOM dan strategi pemasaran lainnya yang mungkin diterapkan oleh ahli strategi media sosial.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Johanes Wilfrid Pangihutan Purba, Pirma Simbolon, Rosita Manawari Girsang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.