ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI PEMBELIAN PETANI PADA BIBIT TENERA DI PERKEBUNAN RAKYAT

(Studi Kasus Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai)

Authors

  • Abednego Suranta Universitas Prima Indonesia
  • Ardi Putra Panjaitan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.411

Keywords:

SEM-PLS, Intensi Pembelian, TPB, Experience

Abstract

Produktivitas kelapa sawit petani rakyat masih rendah dibandingkan dengan produktivitas rata-rata Indonesia, untuk meningkatkannya diperlukan bahan tanam kelapa sawit unggul. Bahan kelapa sawit yang berkualitas seperti bibit Tenera merupakan salah satu modal utama untuk mendapatkan produktivitas tinggi. Namun pada kenyataannya belum semua petani rakyat menggunakan bibit Tenera. Maka dari itu petani perlu didorong untuk menggunakan bibit Tenera agar dapat meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan pengetahuan produk dan teori TPB (Theory of Planned Behaviour) terhadap Intensi Pembelian pada bibit Tenera pada petani rakyat di Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah SEM-PLS (Structural Equation Modelling). Kesimpulan penelitian antara lain experience tidak berpengaruh signifikan terhadap Intensi Pembelian.Subjective Norms berpengaruh signifikan terhadap Intensi Pembelian.Perceived Behavior Control berpengaruh signifikan terhadap Intensi Pembelian. Attitude berpengaruh signifikan terhadap Intensi Pembelian.

Kata Kunci: SEM-PLS, Intensi Pembelian, TPB, Experience

The palm oil productivity of smallholders is still low compared to the average productivity of Indonesia, to increase it requires superior palm oil planting material. Quality palm oil ingredients such as Tenera seeds are one of the main capitals to get high productivity. But in reality, not all smallholder farmers use Tenera seeds. Therefore, farmers need to be encouraged to use Tenera seeds in order to increase oil palm productivity. This study aims to analyze the influence and knowledge of SDG (Theory of Planned Behavior) products and theories on Purchasing Intentions on Tenera seeds in smallholder farmers in Tebing Syahbandar District, Serdang Bedagai Regency, North Sumatra. The method used for this study is SEM-PLS (Structural Equation Modelling). The conclusions of the study include experience does not have a significant effect on Purchasing Intention.Subjective Norms have a significant effect on Purchasing Intention.Perceived Behavior Control has a significant effect on Purchasing Intention. Attitude has a significant effect on Purchasing Intentions.

Keywords: SEM-PLS, Purchase Intention, SDGs, Experience

Published

2022-09-04

How to Cite

Abednego Suranta, & Panjaitan, A. P. . (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI PEMBELIAN PETANI PADA BIBIT TENERA DI PERKEBUNAN RAKYAT : (Studi Kasus Petani Kelapa Sawit di Kecamatan Tebing Syahbandar Kabupaten Serdang Bedagai). Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 4(2), 83–93. https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.411