FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MEREK MINYAK GORENG BIMOLI

(Studi Kasus Pada Masyarakat di Kecamatan Medan Deli, Kota Medan)

Authors

  • Putrisina Universitas Prima Indonesia
  • Koko Junaidi Universitas Prima Indonesia
  • Ade Putra Hapiz Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.412

Keywords:

Minyak Goreng Bimoli, Regresi Linear Berganda, Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen minyak goreng bimoli, mengidentifikasi proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk minyak goreng kemasan bermerek bimoli,mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk minyak goreng kemasan bermerek Bimoli. Pengambilan sampel dilakukan kepada petani kelapa sawit dengan sampelsebanyak 100 responden. Metode analisis yang dilakukan adalah dengan metode analisis regresi linear berganda, pengelolahan data dibantu oleh sofware (SPSS) Versi 22. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2020. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Hasil uji parsial menunjukkan bahwa faktor budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli. Hasil uji parsial menunjukkan bahwa faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek bimoli, hasil uji parsial menunjukkan bahwa faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek bimoli, hasil uji parsial menunjukkan bahwa faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek bimoli, hasil uji simultan menunjukkan bahwa faktor sosial, faktor budaya, faktor pribadi dan faktor psikologis secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli.

The purpose of this study is to identify the characteristics of consumers of bimoli cooking oil, identify the consumer decision-making processin selecting bimoli branded packaged cooking oil products, know the factors that affect consumer decisions in the purchase of Bimoli branded packaged cooking oil products. Sampling was conducted to palmoil farmers with a sample of 100 respondents. The method of analysis is by multiple linearregression analysis methods, data management assisted by sofware (SPSS) Version 22. The study was conducted in July-August 2020. The results of this study concluded that partial testresults showed that cultural factors had a positive and significant effect on the decision topurchase Bimoli brand cooking oil. Partial test results showed that social factors had apositive and significant effect on bimoli brand cooking oil purchasing decisions, partial test results showed that personal factors influenced bimoli brand cooking oil purchasing decisions, partial test results showed that psychological factors had a positive and signifi can teffecton bimoli brand cooking oil purchasing decisions, simultaneous test results showed that social factors,cultural factors,personal factors and psychological factors together had a positive and significant influence on the variables of bimoli brand cooking oil purchasing decisions.

 

Published

2022-09-04

How to Cite

Putrisina, Koko Junaidi, & Ade Putra Hapiz. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MEMILIH MEREK MINYAK GORENG BIMOLI: (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kecamatan Medan Deli, Kota Medan). Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 4(2), 94–104. https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.412