ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG SUNCO DI ZAM ZAM MART

Authors

  • Laura Juwita Pinem Universitas Prima Indonesia
  • Fahmi Chandradinata Ismy Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.414

Keywords:

Pembelian, Minyak Goreng, Sunco, Regresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkuantifikasi tingkat pembelian minyak goreng Sunco di Zam Zam Mart serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian minyak goreng Sunco di swalayan tersebut.Pemilihan responden sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Samplingdengan jumlah sampel yang diambilditentukan dengan menggunakan teknik slovin.Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier Berganda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian minyak goreng kemasan. Hasil penelitian menunjukkan Nilai F hitung sebesar 16,815 dan F_tabel sebesar 3,16 sehingga  F hitung   >  F_tabel  yaitu 16,815 > 3,16 pada α = 0,05. dapat disimpulkan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi secara simultan (serentak) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Zam Zam Mart.

This study aims to quantify the purchase rate of Sunco cooking oil at Zam Zam Mart and analyze the factors that affect the purchase rate of Sunco cooking oil in the supermarket. The selection of sample respondents was carried out using the Simple Random Sampling technique with the number of samples taken determined using the slovin technique. The resulting data were analyzed using Multiple Linear Regression to identify factors influencing consumer decisions towards purchasing packaged cooking oil. The results showed a calculated F value of 16.815 and a F_tabel of 3.16 so that F counted > F_tabel which was 16.815 > 3.16 at α = 0.05. It can be concluded that the variables of cultural factors, social factors, personal factors and psychological factors simultaneously (simultaneously) have a significant influence on purchasing decisions at Zam Zam Mart.

 

Published

2022-08-04

How to Cite

Pinem, L. J., & Fahmi Chandradinata Ismy. (2022). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG SUNCO DI ZAM ZAM MART. Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 4(2), 115–123. https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.414