STRATEGI PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHA TANI TANAMAN TOMAT DIMASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Romauli Simanjuntak Fakultas Pertanian Universitas Simalungun
  • Martua Siadari Fakultas Pertanian Universitas Simalungun
  • Elnatan Paguh Ginting Fakultas Pertanian Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.415

Keywords:

Usaha Tani Tomat, Strategi Pemasaran, Pendapatan, Covid-19

Abstract

Sektor pertanian memiliki nilai ekonomi yang dapat membuat Indonesia bertahan dari ancaman krisis global, termasuk krisis yang diakibatkan oleh pademi covid-19. Salah satu sektor pertanian yang mendukung perekonimian nasional adalah usaha tani tomat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam mengenai strategi pemasaran yang diterapkan oleh petani tomat desa Sihemun Baru dan desa Sibuntuon yang berada di Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan peneliti adalah metodde kuantitaif yang disajikan dalam bentuk statistik deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari lapangan melalui proses pengamatan, wawancara, serta kuisioner dan kepustakaan, BPS, dan instansi-instansi terkait. Analisis data dilakukan dengan analisis SWOT). dengan menentukan matriks IFE dan matriks EFE. Populasi penelitian ini adalah usaha tani tomat yang berada di Desa Sihemun Baru dan Desa Sibuntuon dengan masing-masing sampel sebanyak 30 petani tomat. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan dari matriks IFE memiliki jumlah +0,75 dan keseluruhan dari matriks EFE memiliki jumlah -0,71 yang berada di kuadran II (positif, negatif) dengan alternatif strategi pengembangan dengan cara menggunakan strategi Diversifikasi (S-T) (Strength-Threats), sedangkan biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp. 33.797.938,8dan pendapatan bersih yang diperoleh para petani tomat sebesar Rp.36.507.661 dengan R/C 2,1 per usahatani.

The agricultural sector has economic value that can make Indonesian survive the threat of global crisis, including the crisis caused by covid-19 pandemic. One of the agricultural sectors that support the national economi is tomato farming. The purpose of this study is to examine more deeply the marketing strategis implemented by tomato farmers in Sihemun Baru village and Sibuntuon village which are located in the Dolok Pardamean district, Simalungun regency. The method used by the researcher is a Quantitative method which is presented in the form of descriptive statistics. Data collection is obtained from the field throught the process of observation interviews, and questionnaires and literature BPS and related agencies. Data analysis is done by SWOT analyisis(strength,weakness,opportunity and threats) by determining the IFE matriks and the EFE matriks. The population in this study is a tomato farming bussines in Sihemun Baru and Sibuntuon villages with 30 tomato farmers in each sample. The results showed that the intire IFE matriks had a total of +0,75 and entire EFE matriks had a total of -0,70. That are in quadrant 2 (positive-negative) with an alternative development strategy by using a diversification strategy (S-T) strength thraeats while the production costs incurred were Rp.33.797.938 and the net income obtained by tomato farmers was Rp.36.507.661 with an R/C of 2,1/farm.

Published

2022-08-04

How to Cite

Simanjuntak, R., Siadari, M., & Ginting, E. P. (2022). STRATEGI PEMASARAN DAN PENDAPATAN USAHA TANI TANAMAN TOMAT DIMASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 4(2), 124–132. https://doi.org/10.36985/jak.v4i2.415

Most read articles by the same author(s)