PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTA PEMATANGSIANTAR TA 2021/2022

Authors

  • Irna Dwi Anggiani Universitas Simalungun
  • Lili Tansliova

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v4i1.393

Keywords:

Pembelajaran Google Classroom, Hasil Belajar, Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran daring melalui google classroom terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriftif. Penelitian ini dilakukan selama bulan Maret- Mei 2022 di SMA Negeri 2 Kota Pematansiantar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 309 siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Pematangsiantar, sampel dalam penelitian ini sebanyk 72 siswa kelas X IPS SMA Negeri 2. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memeberikan angket pernyataan dan uji tes kepada 72 siswa. Hasil dari penelitian ini Nilai koefesien regresi google classroom (X) adalah 0,640 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% dari google clasroom maka nilai prestasi belajar bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 2 Kota Pematangsiantar bertambah sebesar 0,640 Koefesien nilai regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel terhadap variabel Y  adalah Positif.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Anggiani, I. D., & Tansliova, L. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTA PEMATANGSIANTAR TA 2021/2022. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 4(1), 34–45. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v4i1.393