PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PEMATANG RAYA
DOI:
https://doi.org/10.36985/artikulasi.v4i1.394Keywords:
Pendekatan, Keterampilan Proses, Menulis CerpenAbstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Kelas Ix Smp Negeri 2 Pematang Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian meliputi tes awal (pre-test) dan (post-test). Pendekatan Keterampilan Proses (X) dan kemampuan menulis cerpen (Y). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian ini diperoleh dari perhitungan korelasi sebesar 0,63 dan uji –t diperoleh t hitung = 6,30 pada taraf signifikan Q = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = N-2 = 63-2 = 61 diperoleh t tabel = 2,00. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung 6,30 > t tabel = 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Keterampilan Proses terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pematang Raya. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jhesia Maylin Sumbayak, Berlian Romanus Turnip
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.