ALIH KODE BAHASA DALAM INTERAKSI MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SIMALUNGUN

Authors

  • Muhammad Sutan Andrio SMP Swasta Erlangga
  • Resmi Resmi Universitas Simalungun

Keywords:

Alih Kode – FKIP Universitas Simalungun – Sosiolinguistik

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan jenis, penyebab dan fungsi alih kode dalam interaksi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Analisis Isi. Fokus penelitian ini adalah interaksi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun, teknik pengumpulan data dilakukan dengan merekam percakapan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun kemudian mencari alih kode yang terjadi di dalam interaksinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis alih kode yang terjadi adalah alih kode intern dan ekstern, penyebab terjadinya adalah penutur, mitra tutur, hadirnya orang ketiga dan pokok pembicaraan, sedangkan faktor prnyebab terjadinya adalah untuk mengakrabkan diri, dan menghormati lawan tutur.

 

Kata Kunci : Alih Kode – FKIP Universitas Simalungun – Sosiolinguistik  

Author Biography

Muhammad Sutan Andrio, SMP Swasta Erlangga

Jurnal ini sebagai media informasi dan penyebarluasan hasil penelitian, perkembangan teoretis, dan tulisan ilmiah mengenai bahasa, sastra, dan pembelajarannya terkait pendidikan bahasa / sastra Indonesia.

Published

2020-10-30

How to Cite

Andrio, M. S., & Resmi, R. (2020). ALIH KODE BAHASA DALAM INTERAKSI MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SIMALUNGUN. Jurnal Artikulasi, 9(2), 1-11. Retrieved from http://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/398