NILAI ETIKA DAN PENDIDIKAN PADA NOVEL “MENGEJAR IMPIAN AYAH” KARYA ABDI SIREGAR

Authors

  • Andi Kurniawan SD 124394 Pematangsiantar
  • Rahmat Kartolo Silitonga Pematangsiantar

Keywords:

Nilai - Etika – Pendidkan – Novel - Mengejar Impian Ayah - Abdi Siregar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana gambaran nilai-nilai etika dan pendidikan pada novel “Mengejar Impian Ayah” karya Abdi Siregar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengolahannya dilakukan dengan mendeskripsikan nilai-nilai etika dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel “Mengejar Impian Ayah” karya Abdi Siregar. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam novel tersebut banyak ditemukan nilai-nilai etika dan nilai-nilai pendidikan yang perlu dilestarikan dan disampaikan kepada masyarakat. Demikian juga kepada siswa-siswi sebagai generasi penerus perlu diajarkan agar mereka menghayati dan menghargai hasil karya sastra tersebut untuk mendukung pertahanan budaya nasional. Hasil pembahasan penelitian dalam novel “MengejarImpian Ayah” karya Abdi Siregar terlihat bahwa nilai-nilai etika dan nilai-nila pendidikan yang terdapat dalam novel tersebut mampu membangun novel ini menjadi sebuah novel yang layak dibaca dan mampu dijadikan sumber bacaan bagi setiap pembaca. Data yang diperoleh dalam novel “Mengejar Impian Ayah” yaitu terdapat 23 data nilai etika, 22 nilai pendidikan religius, 40 nilai pendidikan moral dan 21 nilai pendidkan sosial.

Kata Kunc i: Nilai - Etika – Pendidkan – Novel - Mengejar Impian Ayah - Abdi Siregar

Author Biography

Andi Kurniawan, SD 124394 Pematangsiantar

Jurnal ini sebagai media informasi dan penyebarluasan hasil penelitian, perkembangan teoretis, dan tulisan ilmiah mengenai bahasa, sastra, dan pembelajarannya terkait pendidikan bahasa / sastra Indonesia.

Published

2020-10-30

How to Cite

Kurniawan, A., & Silitonga, R. K. (2020). NILAI ETIKA DAN PENDIDIKAN PADA NOVEL “MENGEJAR IMPIAN AYAH” KARYA ABDI SIREGAR. Jurnal Artikulasi, 9(2), 12-24. Retrieved from http://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/399