KESALAHAN BERBAHASA PADA TAJUK RENCANA HARIAN SINAR INDONESIA BARU

Authors

  • Ernie Ernie SMP Negeri 1 Hutabayu Raja
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun

Keywords:

Kesalahan Berbahasa – Tajuk Rencana – Sinar Indonesia Baru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemakaian Bahasa Indonesia dalam Tajuk Rencana“Harian Sinar Indonesia Baru” dari aspek pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Subjek penelitian ini terbatas, yaitu Tajuk Rencana“Harian Sinar Indonesia Baru” bulan Juni 2020 – Agustus 2020. Data tersebut dipilih dengan pertimbangan bahwa dalam tulisan tersebut terdapat lebih banyak penggunaan Bahasa Indonesia yang diperlukan dalam analisis, sehingga data yang dikumpulkan dapat mewakili bahasa dalam Tajuk Rencana“Harian Sinar Indonesia Baru”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian bahasa Indonesia dalam Tajuk Rencana“Harian Sinar Indonesia Baru” masih terdapat kesalahan pemakaian huruf (50,74 %), kesalahan penulisan kata (7,46 %), dan pemakaian tanda baca (41,79 %).

Kata Kunci    : Kesalahan Berbahasa – Tajuk Rencana – Sinar Indonesia Baru

 

Author Biography

Ernie Ernie, SMP Negeri 1 Hutabayu Raja

Jurnal ini sebagai media informasi dan penyebarluasan hasil penelitian, perkembangan teoretis, dan tulisan ilmiah mengenai bahasa, sastra, dan pembelajarannya terkait pendidikan bahasa / sastra Indonesia.

Published

2020-10-30

How to Cite

Ernie, E., & Turnip, B. R. (2020). KESALAHAN BERBAHASA PADA TAJUK RENCANA HARIAN SINAR INDONESIA BARU. Jurnal Artikulasi, 9(2), 25-37. Retrieved from http://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/400