NILAI MORAL, PENDIDIKAN, DAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “KONSPIRASI ALAM SEMESTA” KARYA FIERSA BESARI

Authors

  • Raja Sonang Gultom Universitas Simalungun
  • Rosmeri Saragih Universitas Simalungun

Keywords:

Nilai Moral, Pendidikan, dan Konflik Batin Tokoh Utama - Novel Konspirasi Alam Semesta – Fiersa Besari

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan nilai moral, pendidikan, dan konflik batin tokoh utama dalam novel “Konspirasi Alam Semesta” karya Fiersa Besari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Focus penelitian ini adalah novel “Konspirasi Alam Semesta” karya Fiersa Besari, teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencatat seluruh informasi yang ada hubungannya  dengan nilai moral, pendidikan, dan konflik batin tokoh utama dalam novel “Konspirasi Alam Semesta” karya Fiersa Besari. Penelitian ini mempergunakan Library Research atau penelitian kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai moral terjadi saat tokoh utama Juang Astrajingga saling tolong menolong dengan tokoh lainnya dalam novel, nilai pendidikan terjadi saat tokoh utama Juang Astrajingga menyelesaikan studi pengabdian di papua sebagai bentuk tanggung jawab dirinya yaitu mahasiswa sebagai agen perubahan, dan konflik batin terjadi saat tokoh Juang Astrajingga menangisi kepergian Ibunya.

Kata Kunci : Nilai Moral, Pendidikan, dan Konflik Batin Tokoh Utama - Novel Konspirasi Alam Semesta – Fiersa Besari

Author Biography

Raja Sonang Gultom, Universitas Simalungun

Jurnal ini sebagai media informasi dan penyebarluasan hasil penelitian, perkembangan teoretis, dan tulisan ilmiah mengenai bahasa, sastra, dan pembelajarannya terkait pendidikan bahasa / sastra Indonesia.

Published

2020-10-30

How to Cite

Gultom, R. S., & Saragih, R. . (2020). NILAI MORAL, PENDIDIKAN, DAN KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “KONSPIRASI ALAM SEMESTA” KARYA FIERSA BESARI. Jurnal Artikulasi, 9(2), 93-101. Retrieved from http://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/404