Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan

Authors

  • Nurul Septi Ariani Universitas Simalungun Author
  • Rosmeri Saragih Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/70d4pd80

Keywords:

Metode Kontekstual, Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis laporan perjalanan. Metode yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Alasan penulis menggunakan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya hubungan antara metode pembelajaran kontekstual ( variabel X ) terhadap kemampuan menulis laporan perjalanan ( variabel Y ) yang diteliti. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel X dan Y penulis menggunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Arikunto. Penulis telah menghubungkan hasil dari dua variabel X ( pengaruh metode pembelajaran kontekstual ) danvariabel Y ( terhadap menulis laporan perjalanan ). Dari perhitungan analisis diperoleh nilai koefisiennya( r ) = 0,27 artinya bahwa antara kedua variabel tersebut mempunyai korelasi yang sangat tinggi. Hasil korelasi( r ) tersebut dilanjutkan dengan penyisipan hipotesis atau uji “ t “ dan diperoleh hasil sebesar 5,09  sedangkan t tabel berdasarkan taraf yang sangat signifikan x = 0,05 dengan derajat kebebasan (db) sebesar 2,00. Maka hipotesis alternative (Ha) yang ditetapkan diterima kebenarannya dan hipotesisnol (Ho) ditolak kebenarannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 2(1), 15-23. https://doi.org/10.36985/70d4pd80

Similar Articles

31-40 of 60

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)