Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen di Kelas XI SMK N 1 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.36985/5cjx4t89Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Teks cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Discovery Learning, mengetahui menulis teks cerpen, dan mengetahui bagaimana Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik korelasi dan eksperimen berbentuk pre-test. model pembelajaran Discovery Learning (X) dan post-test kemampuan menulis teks cerpen (Y). Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil penelitan ini diperoleh perhitungan korelasi sebesar 0,65 dan uji -t diperoleh t hitung = 7,15 pada taraf signifikan Q= 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = N-2 =72-2 = 70 diperoleh t tabel =2,00. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung 7,15 > t tabel = 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan menulis teks cerpen di kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Kittin Rohmadearni Gajah, Lili Tansliova (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.