Campur Kode Dalam Kolom Komentar Akun Instagram CNN Indonesia 75-92 Menulis Karangan Persuasi
DOI:
https://doi.org/10.36985/ngdd3w03Keywords:
Sosiolinguistik, Campur Kode, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui campur kode dalam kolom komentar akun instagram CNN Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan metode padan dalam teknik PUP (Pilah Unsur Penentu). Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap) teknik yang dilakukan dengan cara menyimak penggunaan bahasa yang dikaji di mana peneliti hanya berperan sebagai pengamat penggunaan bahasa dan tidak terlibat dalam petuturan. Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian adalah bahwa dalam campur kode terdapat bentuk-bentuk campur kode antara lain : Kata, Frasa, Baster, Klausa, dan Pengulangan kata. Serta jenis-jenis campur kode antara lain : Campur kode ke dalam, campur kode ke luar, dan campur kode ke dalam dan keluar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Inda Lestari, Netti Marini (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.