Analisis Tindak Tutur Direktif Anak Usia Prasekolah Dalam Berbahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36985/ypchwn69Keywords:
Anak Usia Prasekolah, Tindak Tutur DirektifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan jenis dan bentuk tindak tutur direktif anak usia prasekolah dalam berbahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis (analisisisi). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data tuturan berisi tentang bentuk tindak tutur direktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yaitu pencatatan dan perekaman. Data dianalisis menggunakan analisis pragmatik. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam interaksi pembelajaran di TK Nurul Huda II DolokMerangir II adaempatjenistindaktuturdirektif yang digunakan oleh anak usia prasekolah dalam berbahasa Indonesia yaitu jenis perintah (requestive), jenis pertanyaan (question), jenis larangan (prohibitions), jenis persyaratan (requirements). Adapun lima bentuk tindak tutur direktif yang ditemukan,dalam berbahasa Indonesia yaitu bentuk perintah, bentuk ajakan, bentuk nasihat, bentuk larangan, dan bentuk kritikan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nuri Azenni (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.