Korelasi Model “ACTIVE LEARNING” Dengan Menggunakan Program Berita Liputan 6 News Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Di MTs Swasta Darma Pertiwi Bah Butong

Authors

  • Nurul Pratiwi Dewi Universitas Simalungun Author
  • Tuti Ariani Nasution Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/hpgjx982

Keywords:

Active Learning, Berita,, Teks Eksplanasi

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan Korelasi Model Active Learning dengan Menggunakan Program Berita Liputan 6 News terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. 
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Korelasi Model Active Learning dengan menggunakan Program Berita Liputan 6 News di kelas VIII MTs Darma Pertiwi Bah Butong. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS version 22 for windows. Analisis data dilakukan dengan cara uji product moment, uji t litegrasi linear, mencari rata-rata (x) dan (y), standar deviasi (S), dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikan a=0,000. sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Hal ini berarti Ho yang artinya tidak adanya korelasi model pembelajaran active learning dengan menggunakan program berita liputan 6 news terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Darma Pertiwi Bah Butong ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat korelasi model pembelajaran active learning dengan menggunakan program berita liputan 6 news terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Darma Pertiwi Bah Butong.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Korelasi Model “ACTIVE LEARNING” Dengan Menggunakan Program Berita Liputan 6 News Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Di MTs Swasta Darma Pertiwi Bah Butong. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 74-87. https://doi.org/10.36985/hpgjx982

Similar Articles

1-10 of 30

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)