Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Pengaruh Aplikasi Video Capcut Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Panombeian Panei

Authors

  • Resmi Universitas Simalungun Author
  • Netti Marini Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/dq09n265

Keywords:

Aplikasi Video Cap Cut, Teks Prosedur, Menulis

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana Aplikasi Video Cap Cut mempengaruhi Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa di Kelas VII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. Jumlah populasi sebanyak 60 orang dan jumlah sampel sebanyak 60 orang (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk essay test terhadap dua kelompok yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS version 26 for windows, dengan langkah-langkah uji normalitas dengan uji kolmogrov-smirnov yang mana hasilnya data berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Sig. 0,317 > 0,05 bahwa variansi data dikatakan bersifat homogen atau sama. Dengan uji paired samples statistics yaitu hasil skor rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 61,3, post-test kelas kontol adalah 78,7 dan skor rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 68,3, post-test kelas eksperimen adalah 85,4. Dengan demikian pengaruh aplikasi video cap cut dalam menulis teks prosedur dinyatakan baik. Uji independent sample t-test diperoleh Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 yang artinya pembelajaran dengan aplikasi cap cut lebih efektif daripada pembelajaran secara konveksional atau ceramah. Uji hipotesis berdasarkan uji-t dengan uji paired sample t-test diperoleh Sig. 0,00 < 0,05 atau nilai  16,750 >  2,045 maka (Ha) diterima keberadaannya dan (Ho) ditolak artinya ada pengaruh Aplikasi Video Cap Cut terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Panombeian Panei.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-22

How to Cite

Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Pengaruh Aplikasi Video Capcut Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. (2024). Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 233-240. https://doi.org/10.36985/dq09n265

Similar Articles

1-10 of 39

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>