PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ANIMAKER PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Dwi Khairani Author
  • M. Komarul Huda Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author
  • Joni Wilson Sitopu Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author

Keywords:

Animasi Berbasis Animaker, Hasil Belajar Siswa, Keefektifan

Abstract

Pengembangan media animasi berbasis animaker pada pembelajaran Biologi kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga dilatarbelakangi dengan penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi, tingkat keefektifan penggunaan media masih rendah, peserta didik tidak aktif, kurang bersemangat, dan antusias dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian skripsi ini adalah bagaimana desain media animasi berbasis animaker pada pembelajaran Biologi dan bagaimana keefektifan media animasi berbasis animaker pada pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar. Teknik pengumpulan data melalui lembar validasi ahli, validasi, angket, dan observasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi berbasis animaker didesain dengan cara: (1) melakukan identifikasi kebutuhan, (2) merumuskan kompetensi dasar, (3) merancang media, (4) melakukan validasi dan uji coba, dengan perolehan persentase rata-rata validasi dari ahli materi dengan skor persentase rata rata 93,84% kategori Sangat Layak. Sedangkan dari ahli media diperoleh skor persentase rata-rata 95,29% kategori Sangat Layak, uji coba lapangan skala kecil diperoleh skor persentase rata-rata 96.66% kategori Sangat Layak, uji coba lapangan skala besar diperoleh skor persentase rata-rata 85,77% dengan kategori Sangat Layak. (5) melakukan revisi media. Adapun keefektifan media animasi berbasis animaker dalam pembelajaran IPS dengan perolehan persentase 100% dikategorikan dalam pembelajaran sangat efektif. Hal ini menunjukkan bahwa media animasi berbasis animaker yang telah dikembangkan dapat digunakan di SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar.

Published

2023-10-10