PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X IPA SMA SWASTA KARTIKA I-4 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Laila Hafni Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author
  • Joni Wilson Sitopu Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author
  • Ika Rosenta Purba Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author

Keywords:

Role Playing, Konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran role playing dan metode konvensional pada materi system pernapasan manusia di kelas X SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Jumlah populasi sebanyak 171 orang yang terdiri dari 4 kelas dan sampel diambil secara cluster random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X MIA 1) 40 orang dan kelas eksperimen (X MIA 4) 40 orang. Kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran role playing dan Kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata (X̅), standart deviasi (S)  dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi  = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai ratarata post test kelas eksperimen sebesar 82,37 dan kelas kontrol sebesar 80,62 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 1,69. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (2,111 > ttabel (1,990) pada taraf signifikansi  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 78, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran role playing dan metode konvensional pada materi ekosistem kelas X SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran role playing dan metode konvensional pada materi ekosistem di kelas X SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2023-04-15