PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Joni Wilson Sitopu Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author
  • Ika Rosenta Purba Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author
  • Emi Frihatini Pendidikan Biologi Universitas Simalungun Author

Keywords:

Think Pair Share, Make A Match, Hasil Belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : Pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi, Keaktifan siswa masih kurang ketika berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, Daya serap peserta didik rendah, Guru masih sering menggunakan model ceramah, sehingga penjelasan guru masih bersifat abstrak. Tujuan penelitan ini adalah ; Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dan make a match terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar. Metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment Design. Desain penelitian berbentuk Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. Setelah dilakukan tes awal (pretest) pada kedua kelas, selanjutnya dilaksanakan pembelajaran dengan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan model pembelajaran Make A Match. Setelah proses pembelajaran selesai, selanjutnya dilakukan tes akhir (posttest). Berdasarkan analisis penelitian, diperoleh 1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Make A Match; 2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match; dan 3) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Make A Match.

Downloads

Published

2022-10-20