PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NEGERI TANAH JAWA T.P 2014/2015

Authors

  • Afni Winda Afriza Prodi Pendidikan Biologi FKIP-USI Author
  • Ika Rosenta Purba Prodi Pendidikan Biologi FKIP-USI Author

Keywords:

Model Pembelajaran Numbered Head Together, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-test, post-test. Jumlah populasi sebanyak 203 orang dan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa (Cluster Random Sampling). Kelas VII-2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata-rata skor dan standart deviasi, dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α= 0,05. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 44,25 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 78,37. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 38,50 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 65,25. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015 sebesar 34,12. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh t hitung (7,68) > t tabel (2,00), maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered
Head Together pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem di kelas VII MTs Negeri Tanah Jawa T.P 2014/2015. 

Downloads

Published

2022-04-15