Pengaruh Penggunaan Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Peredaran Darah Kelas VIII MTs Mesra Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Nurhalima Dwi Ayu Syah Putri Universitas Simalungun Author
  • Marlindoaman Saragih Universitas Simalungun Author

Keywords:

Metode Gallery Walk, Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran Darah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Gallery Walk pada materi sistem peredaran darah kelas VIII di MTs Mesra Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah dengan cara Cluster Random Sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak kelas. Sehingga terpilih kelas VIII-2 dan VIII-3, dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen 1 sedangkan kelas VIII-3 seabagai kelas Kontrol, masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test dalam bentuk options (a, b, c, d ), masing-masing 20 soal. Satu soal yang benar di beri skor 5 dan yang salah di beri skor 0. Tehnik tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar IPA Terpadu. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung (2,227) > ttabel (2,000) pada taraf signifikansi=0,05 dengan derajat kebebasan (dk)=32+32–2= 62 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh hasil belajar siswa menggunakan metode Gallery walk pada materi sistem peredaran darah kelas VIII MTs Mesra Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2021-04-10