Analisi Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Hotel Khas Parapat Selama Pandemic COVID-19

Authors

  • Handayani Pandiangan Univeritas Simalungun ( USI )
  • Liharman Saragih Universitas Simalungun ( USI )
  • Djuli Sjafei Purba Universitas Simalungun ( USI )

DOI:

https://doi.org/10.36985/manajemen.v3i2.125

Keywords:

Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan di hotel khas parapat. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi, uji hipotesis baik parsial maupun serempak (uji t dan F) dengan level signifikansi 5% dan data di uji secara uji validitas dan reabilitas. MSA sebuah Variabel kepemimpinan 0,862, budaya organisasi 0,841, motivasi kerja 0,866, kepuasan kerja 0,841, lingkungan kerja 0,839 dan disiplin kerja 0,826. Nilai MSA masing-masing variabel besarnya > 0,5 maka semua variabel dapat diproses lebih lanjut. Communalities, variabel Kepemimpinan besarnya 0,518. Hal ini berarti sekitar 51,8% varians dari variabel kepemimpinan dapat dijelaskan oleh faktor yang terbentuk. Variabel budaya organisasi besarnya 0,785 hal ini berarti 78,5% varian dari budaya organisasi. Variabel motivasi kerja besarnya 0,676 hal ini berarti 67,6% varian dari motivasi kerja. Variabel Kepuasan kerja 0,651 hal ini berarti 65,1% varian dari kepuasan kerja. Variabel lingkungan kerja 0,772 hal ini berarti 77,2% varian dari lingkungan kerja. Variabel disiplin kerja 0,685 hal ini berarti 68,5% varian dari disiplin kerja. Semakin kecil nilai Communalities berarti semakin lemah hubungannya dengan faktor yang terbentuk. faktor baru yang terbentuk adalah 11,35% sedangkan sisanya 88,65% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Handayani Pandiangan, Liharman Saragih, & Djuli Sjafei Purba. (2021). Analisi Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Hotel Khas Parapat Selama Pandemic COVID-19. Manajemen : Jurnal Ekonomi, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.36985/manajemen.v3i2.125