Manajemen : Jurnal Ekonomi https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen <p><strong>Manajemen : Jurnal Ekonomi (EISSN: 2302-5964)</strong>, adalah jurnal online nasional dengan sistem peer-review, yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, Indonesia. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan.</p> <p><strong>Manajemen : jurnal Ekonomi</strong> telah terdaftar di LIPI sejak tahun 2012, SK no.005.096/JI.3.2/SK.ISSN/2012. 10-25 2012. Namun dalam perkembangan nya terjadi masalah teknis sehingga tidak pernah ada publikasi jurnal. Pada tahun 2019 Manjemen : Jurnal Ekonomi telah aktif kembali.</p> <p>Terbit setiap bulan Mei dan November</p> en-US elfinaopdse83@gmail.com (Elfina O P Damanik, SE. MM) johanesprb@gmail.com (Johannes W.P.Purba, SE. MM) Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Toko Sepatu Clinton Balige https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/806 <p style="text-align: justify;">Toko Sepatu Clinton di Balige adalah jenis usaha di bidang penjualan produk Sepatu dan melakukan pengembangan usaha berbagai jenis tas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan pemilik toko UD. Toko Sepatu Clinton Balige serta menyebarkan kuesioner dan melakukan observasi (pengamatan) terhadap 98 orang dengan menggunakan teknik <em>accidental sampling</em> dari berbagai kalangan usia dan pekerjaan dengan kriteria sudah pernah membeli produk lebih dari satu jenis produk dan telah melakukan pembelian lebih dari 2 kali. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 25.0. Metode analisis data&nbsp; yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi sederhana, analisis koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, dan uji signifikansi koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana, korelasi keragaman produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,775 dengan kategori kuat. Nilai R Square yang dihasilkan untuk pengaruh keragaman produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,570 (57%) dan sisanya 0,430 (43%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti harga, kualitas, dan material bahan produk. Hasil uji regresi sederhana yang diperoleh adalah Y= 11,165 + 0,665X, dengan nilai r<sub>hitung</sub>&gt;r<sub>tabel </sub>(0,755 &gt; 0,260) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keragaman produk (X) dengan keputusan pembelian (Y). Uji signifikan Parsial atau Individual menghasilkan t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel </sub>(11,282 &gt; 1,984) dengan kriteria hipotesis yang dihasilkan menolak H0 dan menerima H1 yang artinya, variabel keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, maka hipotesis diterima. Sehingga, hipotesis penelitian dapat diterima karena terbukti keragaman produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen.</p> Winda Maria Baretha Simanjuntak, Ester Mawar Siagian, Hotlin Siregar Copyright (c) 2023 Winda Maria Baretha Simanjuntak, Ester Mawar Siagian, Hotlin Siregar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/806 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Aplikasi Makmur Mandiri Mobile Terhadap Kepercayaan Anggota Untuk Menabung Pada Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri Cabang Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/807 <p style="text-align: justify;">Aplikasi makmur mandiri mobile adalah sekumpulan perintah atau kode yang disusun secara sistematik untuk menjalankan suatu perintah yang diberikan oleh manusia melalui komponen atau hardware komputer yang digunakan oleh manusia dalam menjalankan program aplikasi, dengan demikian bisa membantu manusia untuk memberikan solusi dari apa yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh aplikasi Makmur mandiri mobile terhadap kepercayananggota untuk menabung pada koperasi simpan pinjam makmur mandiri cabang siborongborong kabupaten tapanuli utara. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi makmur mandiri mobile pada tahun 2023 sebanyak 367 anggota dengan kriteria : a. Usia 17tahun keatas, b. Sudah menggunakan smarphone atau telepon, c. Sudah mendownload aplikasi makmur mandiri mobile. Dengan menggunakan rumus slovin dan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 25.00. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan menunjukkan bahwa koefisien korelasi variabel aplikasi Makmur mandiri mobile (X) terhadap kepercayaan anggota ada koperasi simpan pinjam Makmur mandiri cabang siborongborong kabupaten tapanuli utara sebesar 0,932. pedoman interprestasi koefisien korelasi, maka koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,923 termasuk kategori sangat kuat. R square sebesar 0,960 atau sebesar 96,0% dan sisanya 4,0% dipengaruhi oleh faktor faktor lain yang tidak dijelaskan dan dibahas pada penelitian ini sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel aplikasi makmur mandiri mobile (X) berpengaruh terhadap kepercayaan anggota pada koperasi simpan pinjam makmur mandiri cabang siborongborong kabupaten tapanuli utara. Signifikansi korelasi variabel adalah sebesar 21,123. kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan t<sub>tabel </sub>dengan taraf kesalahan 5% df =n-2=77. Nilai T<sub>tabel</sub> sebesar 1,991 sesuai dengan syarat pengujian hipotesis bahwa t<sub>hitung</sub> sebesar (21,123) &gt; t<sub>tabel</sub> (1,991) dapat disimpulkan bahwa aplikasi makmur mandiri mobile (X) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan anggota (Y) pada koperasi simpan pinjam Makmur Mandiri cabang siborongborong kabupaten tapanuli utara maka hipotesis penelitian diterima</p> Lestarina Silitonga, Ester Mawar Siagian, Joan Berlin Damanik Copyright (c) 2023 Lestarina Silitonga, Ester Mawar Siagian, Joan Berlin Damanik https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/807 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/810 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana caranya. Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara dan sampelnya sebanyak 20 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Jenuh Sampling. Desain penelitian data yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan data berupa observasi dan penyebaran kuesioner. Sedangkan untuk pengolahan data analisis untuk uji validitas dan reliabilitas digunakan Cronbach's Alpha dengan menggunakan program komputer SPSS versi 22. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,574. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kompensasi (X) dengan Kinerja Karyawan (Y) PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara. Pedoman Pemberian Interpretasi Koefisien Korelasi, koefisien yang ditemukan sebesar 0,574 termasuk dalam kategori cukup kuat. Jadi terdapat hubungan yang cukup kuat antara Kompensasi (X) dengan Kinerja Karyawan (Y) PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara. sebesar 67% dan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Persamaan Regresinya adalah Y = 17,155 + 0,557 (X). Dapat disimpulkan nilai b sebesar 0,557 artinya setiap perubahan variabel X yaitu Kompensasi akan diimbangi dengan perubahan variabel Y yaitu Kinerja Pegawai. Karena nilai b bernilai positif (0,557), maka setiap tambahan kompensasi akan diimbangi dengan tambahan kinerja karyawan pada PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara. Persamaan regresi diatas dapat dijelaskan bahwa, jika Kompensasi atau (X) = 0 maka nilai Kinerja Pegawai atau (Y) adalah sebesar 17,155. Nilai thitung sebesar 2,976. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan t<sub>tabel</sub> dengan tingkat kesalahan 5% df = n - 2 = 18. Nilai t<sub>tabel</sub> sebesar 2,100. Sesuai dengan syarat pengujian hipotesis yaitu t<sub>hitung</sub> (2,976) &gt; t<sub>tabel</sub> (2,100) maka dapat disimpulkan bahwa Kompensasi (X) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) pada PT. Mual Tio Maju Bersama Tapanuli Utara Tapanuli Utara</p> Josua Rajagukguk, Ester Mawar Siagian, Nurlinawati Simanjuntak Copyright (c) 2023 Josua Rajagukguk, Ester Mawar Siagian, Nurlinawati Simanjuntak https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/810 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Pada Live Streaming Aplikasi TIKTOK Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ekonomi Universitas Simalungun https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/814 <p>Tujuan dilakukakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli melalui variabel perantara di aplikasi Tiktok Sampel yang diambil menggunakan accidental sampling dan menggunakan rumus slovin dan didapatkan sebanyak 75 orang dengan menggunakan uji instrumen yaitu uji validitas dan reabilitas, analisis data dengan uji asumsi klasik, analisis jalur uji t,uji f dan uji R<sup>2</sup>. Mengacu pada rumusan masalah, hipotesis, dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada tiap- tiap variabel pada penelitin ini. Dari pengumpulan kajian pustaka, pengujian instrumen data dan melakukan tekhnik analisis data maka pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel harga terhadap minat beli dengan nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> 1.66159 &gt; 2.537 dan nilai signifikasi 0,013 &lt; 0,05, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas produk terhadap minat beli dengan nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> 1.66159 &gt; 3.278 dan nilai signifikasi 0,002 &lt; 0,05, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel harga terhadap live streaming dengan nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> 1.66159 &gt; 2.914 dan nilai signifikasi 0,005 &lt; 0,05, Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas produk terhadap minat beli dengan nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> 1.66159 &gt; 3.278 dan nilai signifikasi 0,002 &lt; 0,05</p> Elfina O P Damanik, Zikra Kemala, Tuahman Sipayung Copyright (c) 2023 Elfina O P Damanik, Zikra Kemala, Tuahman Sipayung https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/814 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Penentuan Daya Saing Melalui Pendekatan Resource Based View Ekowisata Batu Katak https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/816 <p>Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi <em>sumberdaya</em> dan <em>kemampuan </em>dalam bisnis di Ekowisata Batu Katak dengan menggunakan analisis <em>Valueable, Rare, unImitability, Organize</em> (VRIO). Penulisan paper ini menggunakan metode Kualitatif. Penelitian ini termasukpenelitian deskriptif. Berdasarkan keterlibatan peneliti adalah tidak mengintervensi data. Berdasarkan unit analisis sampel yang digunakan adalah pihak yang mempelopori dibukanya ekowisata Batu Katak. Narasumber yang digunakan adalah narasumber yang berkompeten serta mengetahui kondisi Ekowisata Batu Katak dan mengerti konsep pariwisata. Temuan bahwa Kompetensi inti yang dimiliki oleh ekowisata batu katak yang berasal dari sumberdaya <em>tangible </em>adalah kondisi Alam, bunga bangkai yang unik (<em>Amorphophallus titanum</em>) yang tersebar di kebun masyarakat, bahan baku penyedia makanan yang diambil langsung dari kebun masyarakat, atraksi wisata seperti <em>trekking, tubing, </em>susur gua juga merupakan kekuatan dalam pengembangan ekowisata. Adapun kompetensi lain yang berasail dari sumberdaya <em>intangible</em> dan berdaya saing dengan pesaingnya adalah kedekatan dengan pengunjung dan Berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser, oleh UNESCO sebagai <em>Tropical Rainforest Heritage of</em> Sumatera. Kompetensi di bidang kapabilitas yang dianggap kurang dan memerlukan perhatian khusus adalah skill pemasaran</p> Yayuk Yuliana, Ayu Melati Ningsih, Vera Kristiana, Adinda Putri Maharani, Cynthia Syahni Copyright (c) 2023 Yayuk Yuliana, Ayu Melati Ningsih, Vera Kristiana, Adinda Putri Maharani, Cynthia Syahni https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/816 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial Dan Keterkaitan Konsumen Terhadap Niat Beli Konsumen https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/832 <p style="text-align: justify;">Tujuan dari penelitian ini menguji pengaruh media sosial dan keterlibatan konsumen dan niat pembelian pelanggan. Penelitian ini menggunakan data yang diambil dari 253 pengguna situs media sosial di Indonesia. Hipotesis diuji menggunakan model persamaan struktural yang dikembangkan sesuai dengan tinjauan literatur yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial secara signifikan terkait dengan niat pembelian konsumen, di mana keterlibatan konsumen bertindak sebagai variabel mediasi dalam mempengaruhi pengguna media sosial untuk memiliki niat pembelian pelanggan. Penelitian ini memperkuat bahwa pemasar harus menanggapi pentingnya peningkatan penggunaan media sosial karena memiliki pengaruh kuat pada niat pembelian konsumen. Saran manajerial yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah untuk terus memantau keterlibatan konsumen dengan menyesuaikan strategi pemasaran media sosial perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah tidak adanya pendekatan kualitatif, yaitu wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang wawasan dan pengalaman konsumen yang dapat memengaruhi komitmen dan niat pembelian konsumen yang dapat membantu menyempurnakan penelitian di masa depan dengan lebih baik. Selain itu, penelitian di masa depan harus menambahkan variabel penting lainnya seperti kepercayaan, komitmen, dan e-WOM dan strategi pemasaran lainnya yang mungkin diterapkan oleh ahli strategi media sosial</p> Johanes Wilfrid Pangihutan Purba, Pirma Simbolon, Rosita Manawari Girsang Copyright (c) 2023 Johanes Wilfrid Pangihutan Purba, Pirma Simbolon, Rosita Manawari Girsang https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/832 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Internal Terhadap Kinerja Karyawan PTP Nusantara II Tanjung Morawa https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/818 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Internal Terhadap Kinerja Karyawan PTP Nusantara II Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada kantor PTP Nusantara II Tanjung Morawa dan jumlah sampel ditetapkan 100orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pengukuran data menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program <em>SPSS</em>. Hasil penelitian membuktikan secara parsial (uji t), Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Lingkungan Kerja Internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Dan secara simultan (uji F) Budaya Organisasi, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PTP Nusantara II Tanjung Morawa. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,567 hal ini berarti 56,7% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen sedangkan sisanya 43,3% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti</p> Maulia Sri Dewi, Julianto Hutasuhut, Tukimin Lubis, Nurain Harahap Copyright (c) 2023 Maulia Sri Dewi, Julianto Hutasuhut, Tukimin Lubis, Nurain Harahap https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/818 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Peran Financial Literacy Dan Herding Dalam Keputusan Investasi Generasi Z https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/850 <p>Meningkatnya jumlah investor muda yang berasal dari Generasi Z di pasar modal pada tahun 2023 menjadi salah satu indikator penting yang menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan di Indonesia meningkat. Literasi keuanganmerupakan kemampuan dan pengetahuan individu dalam merencanakan, membuat strategi, dan mengelola keuangan. Generasi Z mendapatkan banyak <em>privilege </em>dalam mengakses berbagai informasi termasuk informasi keuangan dan investasi. Namun kemudahan akses informasi ini juga mungkin menimbulkan bias perilaku <em>herding </em>dimanainvestor cenderung mengikuti pola investasi yang dilakukan investor lain. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran <em>financial literacy </em>dan <em>herding </em>dalam pengambilan keputusan investasi oleh Generasi Z. Data didapatkan dari artikel yang dipublikasi oleh jurnal - jurnal yang kredibel seperti <em>ResearchGate, Elsvier, </em>dan <em>ScienceDirect. </em>Berdasarkan literatur yang dikaji di dalam penelitian ini, ditemukan bahwa walaupun Generasi Z sudah memiliki tingkat literasi keuangan yang cukup, mereka tetap merasa ragu untuk berinvestasi. Hal ini terkait pendapatan yang masih kurang secara jumlah dan juga stabilitas. Penelitian ini juga menemukan bahwa, walaupun Generasi Z mendapatkan pengaruh dari <em>influencer </em>yang mereka ikuti di media sosial, tapi mereka tidak menggunakan hal tersebut sebagai satu - satunya pertimbangan dalam membuat keputusan investasi. Oleh karena itu, investor disarankan untuk selalu melakukan analisis terhadap informasi keuangan yang mereka dapatkan dari internet</p> Ni Putu Intan Bidari, Ni Kadek Sinarwati Copyright (c) 2023 Ni Putu Intan Bidari, Ni Kadek Sinarwati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/850 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Inovasi Dan Bussines Sustainability Usaha Bordir Dan Sulaman Di Kota Pariaman https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/846 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi dan keberlanjutan usaha bordir dan sulaman di Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah wirausaha usaha bordir dan sulaman di Kota Pariaman. Keberlanjutan usaha dapat dilihat dari indikator <em>profit, people, </em>dan <em>planet.</em> Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi partisipasi, wawancara, dan analisis dokumen yang terdokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi menjadi faktor penting dalam keberlanjutan suatu usaha.Bentuk inovasi yang dilakukan oleh wirausaha bordir dan sulaman adalah inovasi produk berupa motif, bahan dan warna; inovasi proses berupa penggunaan mesin bordir; inovasi pasar dan layanan berupa pemasaran secara online dengan menggunakan media sosial. Dampak inovasi terhadap keberlanjutan usaha bordir dan sulaman adalah produk banyak disukai pelanggan, konsumen bertambah, penghasilan meningkat, keuntungan meningkat dan usaha berkelanjutan. Dapat disimpulkan bahwa Inovasi sangat penting untuk keberlanjutan usaha bordir dan sulaman.</p> Alfiana Alwafi, Yuhendri LV Copyright (c) 2023 Alfiana Alwafi, Yuhendri LV https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/846 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Perceived Usefulnes, Harga Dan Brand Truts Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Indriver (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen konsentrasi Pemasaran Universitas Simalungun Pematangsiantar) https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/830 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana perceived usefulnes, harga dan brand truts mempengaruhi kepuasan konsumen dengan aplikasi Indriver. Sampelnya adalah 90 pengguna "Aplikasi Indriver" yang berbasis di Pematansiantar. Dalam penelitian ini digunakan deskripsi asosiatif. Analisis regresi berganda digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis, dan deskripsi asosiatif digunakan untuk menjelaskan fenomena dalam kaitannya dengan hubungan antar variabel. Untuk memberikan gambaran umum mengenai topik penelitian, model hubungan antar variabel juga diuji. Menurut penelitian, kepuasan konsumen dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh perceived usefulnes, harga, dan brand truts</p> Tri Mutiara Sakinah, Siti Rohani, Liharman Saragih Copyright (c) 2023 Tri Mutiara Sakinah, Siti Rohani, Liharman Saragih https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/830 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Return On Asset, Curreent Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Dengan Inflasi Sebagai Variable Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/904 <p style="text-align: justify;">Penelitian ini menganalisis secara empiris pengaruh Return on Asset (ROA), Current Ratio (CR), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham dengan inflasi sebagai variabel moderasi. Penelitian ini unutuk menganalisis Pengaruh Return On Asset, Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham dan mengukur dampak inflasi sebagai variabel moderasi pada hubungan antara ROA, Current Ratio, DER dengan harga saham. Periode penelitian adalah dari tahun 2019 – 2021 dengan populasi sampel sebesar 20 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data analisis menggunakan metode regresi linier berganda, uji F dan Uji t. Dan untuk menguji variabel moderasi menggunakan uji residual. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara simultan ROA, QR, DER berpengaruh signifikan terhadap harga saham, namun secara parsial variabel ROA dan CR berpengaruh positif terhadap harga saham sedangkan DER berpengaruh negative terhadap harga saham dan Inflasi tidak secara signifikan memoderasi hubungan antara ROA, CR, dan DER dengan harga saham</p> Pandapotan Simatupang, Sri Martina, Cindi Anggraini Copyright (c) 2023 Pandapotan Simatupang, Sri Martina, Cindi Anggraini https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/904 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Kepuasan Kerja, Organizational Citizhenship Behaviour Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Frontliner PT Bank XXX Medan https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/879 <p>Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh kepuasan kerja, Organizational Citizenship Behavior, dan Pelatihan terhadap Kinerja Frontliner di PT XXX Medan. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metodologi survei melalui kuesioner. Sampelnya terdiri dari 56 Frontliners dari populasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja Frontliner, <em>organizational citizhenship behaviour</em> berpengaruh signifikan terhadap kinerja Frontliner, dan pelatihan juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja Frontliner. Selain itu, pengaruh gabungan dari kepuasan kerja, <em>organizational citizhenship behaviour</em>, dan pelatihan ditemukan signifikan terhadap kinerja Frontliner</p> Nadia Mahdaly, Lusiah, Ripka Seriidahnaita Ginting Copyright (c) 2023 Nadia Mahdaly, Lusiah, Ripka Seriidahnaita Ginting https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/879 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/871 <p>: Pengalaman terdahulu penting bagi individu atau kelompok dalam menentukan pengelolaan keuangannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengalaman keuangan terhadap perilaku keuangan pegawai BPKAD Kota Denpasar. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling menggunakan metode convinience sebanyak 30 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert dan beberapa pertanyaan terbuka kemudian data diolah menggunakan analisis kuantitatif dan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku keuangan. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk menambah variabel bebas agar penelitian lebih komprehensif dan memperluas luang lingkup tidak terbatas pada satu jenis unit kerja saja</p> Kadek Ary Asta Pramita Sari, Ni Kadek Sinarwati Copyright (c) 2023 Kadek Ary Asta Pramita Sari, Ni Kadek Sinarwati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/871 Wed, 22 Nov 2023 00:00:00 +0700 Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Oleh Brand Equity (Studi Kasus Pada KFC Di Daerah Istimewa Yogyakarta) https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/1033 <p style="text-align: justify;"><em>Purchase intention</em> atau niat beli merupakan suatu hal yang berkaitan erat dengan pembelian. Niat beli seseorang tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti <em>perceived quality, brand image</em>, dan <em>brand equity</em>.&nbsp; Baik <em>perceived quality</em>, <em>brand image</em>, dan <em>brand equity</em> mempunyai peran masing-masing dalam mempengaruhi seseorang terhadap <em>purchase intention</em>. Berdasarkan pernyataan tersebut penulis melakukan sebuah penelitian dengan KFC sebagai objeknya. Adapun penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) apakah <em>perceived quality</em> berpengaruh terhadap <em>purchase intention</em> pada KFC yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) apakah <em>brand image</em> berpengaruh terhadap <em>purchase intention</em> pada KFC yang ada di Daerah IstimewaYogyakarta, (3) apakah <em>perceived quality</em> berpengaruh terhadap <em>brand</em> <em>equity</em> pada KFC yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, (4) apakah <em>brand image </em>berpengaruh terhadap <em>brand equity</em> pada KFC yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, (5) apakah <em>brand equity</em> berpengaruh terhadap <em>purchase intention</em> pada KFC yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, (6) apakah <em>perceived quality</em> berpengaruh terhadap <em>purchase intention</em> yang dimediasi oleh <em>brand equity</em>, (7) apakah <em>perceived quality</em> berpengaruh terhadap <em>purchase intention </em>yang dimediasi oleh <em>brand equity</em>. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dimana data dalam penelitian berupa angka-angka yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel <em>perceived quality, brand image</em>, dan <em>brand equity</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>purchase intention</em>. Selain itu <em>perceived quality</em> dan <em>brand image</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>brand equity</em>. Serta <em>brand equity</em> mampu memediasi antara <em>perceived quality</em> terhadap <em>purchase intention</em> dan <em>brand image</em> terhadap <em>purchase intention</em></p> Henny Welsa, Agus Dwi Cahya, Rejeki Sekar Dwifa Copyright (c) 2023 Henny Welsa, Agus Dwi Cahya, Rejeki Sekar Dwifa https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://jurnal.usi.ac.id/index.php/manajemen/article/view/1033 Wed, 29 Nov 2023 00:00:00 +0700