PEMANFAATAN MULTIMEDIA POWER POINT DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI SMA YPI DHARMA BUDI SIDAMANIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v4i1.359Keywords:
Pemanfaatan, Konvensional, Multimedia Powerpoint, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan besarnya perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pemanfaatan multimedia powerpoint dan metode konvensional pada materi sistem ekskresi secara daring di kelas XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah populasi sebanyak 64 orang yang terdiri dari 2 kelas dan sampel diambil secara random assigment sehingga diperoleh 2 kelas yaitu kelas kontrol (XI-1) 32 orang dan kelas eksperimen (XI-2) 32 orang. Kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen diberi perlakuan memanfaatkan multimedia powerpoint. Analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata (X ), standart deviasi (S) dan uji hipotesis (uji t) pada taraf signifikansi = 0,05. Darihasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 88 dan kelas eksperimen sebesar 90,12 dengan perbedaan hasil belajar sebesar 2,12. Dari hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh thitung (2,790) > ttabel (1,99) pada taraf signifikansi = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 62, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional dan pemanfaatan multimedia powerpoint pada materi sistem ekskresi secara daring kelas XI SMA YPIDharma Budi Sidamanik Tahun Pelajaran 2020/2021. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional dan pemanfaantan multimedia powerpoint pada materi sistem ekskresi secara daring di kelas XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik Tahun Pelajaran 2020/2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ayu Wandira, Joni Wilson Sitopu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.