http://jurnal.usi.ac.id/index.php/metabio/issue/feed Jurnal Metabio 2022-10-30T12:30:31+00:00 Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Metabio </strong>merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun yang berisikan tentang artikel ilmiah Biologi. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ini diharapkan dapat menambah khasanah pengetahuan di bidang Biologi serta menjadikan sarana bagi para profesional baik dari dunia usaha, pendidikan, ataupun peneliti untuk menyebarluaskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Biologi melalui publikasi hasil penelitian.</p> http://jurnal.usi.ac.id/index.php/metabio/article/view/435 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR 2022-10-30T12:30:31+00:00 Joni Wilson Sitopu jwsitopu@gmail.com Ika Rosenta Purba ikarosenta@gmail.com Emi Frihatini emifirhatini@gmail.com <p>Masalah dalam penelitian ini adalah : Pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi, Keaktifan siswa masih kurang ketika berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, Daya serap peserta didik rendah, Guru masih sering menggunakan model ceramah, sehingga penjelasan guru masih bersifat abstrak. Tujuan penelitan ini adalah ; Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>think pair share </em>dan <em>make a match</em> &nbsp;terhadap hasil belajar siswa kelas VII &nbsp;SMP Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar. Metode penelitiannya adalah metode eksperimen dengan jenis penelitiannya adalah <em>Quasi Experiment Design</em>. Desain penelitian berbentuk <em>Two Group Randomized Posttest-Only Control Design. </em>Setelah dilakukan tes awal (<em>pretest</em>) pada kedua kelas, selanjutnya dilaksanakan pembelajaran dengan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran <em>Think Pair Share</em>, sedangkan pada kelas kontrol &nbsp;dilaksanakan model pembelajaran <em>Make A Match</em>. Setelah proses pembelajaran selesai, selanjutnya dilakukan tes akhir (<em>posttest). </em>Berdasarkan analisis penelitian, diperoleh 1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>Think Pair Share </em>lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran <em>Make A Match</em>; 2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>Think Pair Share </em>dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran <em>Make A Match</em>; dan 3) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran <em>Think Pair Share</em> dan <em>Make A Match.</em></p> 2022-10-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Jurnal Metabio