PENGARUH PENYELESAIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS VIII SMP NEGERI I PEMATANG BANDAR

Authors

  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun
  • Pasu Malau Universitas Simalungun
  • Berliana Hutajulu Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jma.v2i2.278

Keywords:

Penyelesaian Tugas, Prestasi, belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pematang Bandar T.P. 2019/2020 sebanyak 35 orang. Peneliti mengambil sebagian jumlah populasi 301 orang menjadi sampel penelitian. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data pemberian tugas adalah menggunakan angket. Sedangkan data tentang prestasi belajar diperoleh dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN) pada semester II. Kualitas instrument penelitian untuk angket dinilai melalui uji validasi dan uji reliabilitasi. Langkah selanjutnya adalah mengadakan pengujian hipotesis dengan menghitung regresi y = a + bx, sehingga diperoleh Y atas X₁ adalah Y = 4,4 + 0,99 X₁.Untuk ketelitian erat tidaknya hubungan antara X₁variabel, digunakan uji koefisien korelasi yang diperoleh antara X1 terhadap Y.

Dengan membandingkan hasil perhitungan dengan tabel dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menolak H₀ dan menerima H₁ X₁, sehinga dapat dinyatakan ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh pemberian tugas  terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Sitinjak, I. Y., Malau, P., & Hutajulu, B. (2021). PENGARUH PENYELESAIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS VIII SMP NEGERI I PEMATANG BANDAR. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 46–61. https://doi.org/10.36985/jma.v2i2.278

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>