PERANAN GURU BIMBINGAN DALAM MENGANTISIPASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DIKALANGAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 SILIMAKUTA

Authors

  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun
  • Mariah Sonanggok Purba Universitas Simalungun
  • Binsar Siringoringo Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jma.v2i2.279

Keywords:

Guru Bimbingan, Penyalahgunaan Narkoba, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami berbagai upaya pemecahan masalah penyalahgunaan narkoba serta upaya untuk mengantisipasinya di kalangan peserta didik SMA, dan hasil penelitian ini adalah sangat bermanfaat bagi peserta didik, guru, pengelola sekolah dan penulis sendiri, tentang permasalahan penyalahgunaan narkoba yang terjadi di kalangan remaja dan peserta didik saat ini.

Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode kualitatif dengan analisis data kualitatif dan pendekatan pemahaman mendalam. Melalui penggunaan metode dan pendekatan mendalam didalam penelitian ini dapat diketahui bahwa peranan guru bimbingan dan penyuluhan dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba dikalangan peserta didik SMA Negeri 1 Silimakuta sangat signifikan yang dikombinasikan dengan pembinaan yang dilaksanakan orang tua di rumah dan bimbingan iman yang dilaksanakan oleh rohaniawan di tengah- tengah masyarakat. 

Downloads

Published

2021-10-18

How to Cite

Gultom, S., Purba, M. S., & Siringoringo, B. (2021). PERANAN GURU BIMBINGAN DALAM MENGANTISIPASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA DIKALANGAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 SILIMAKUTA. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 62–78. https://doi.org/10.36985/jma.v2i2.279

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>