DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SMAN3 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun
  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jma.v2i1.282

Keywords:

Dampak Pandemi COVID 19, Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi COVID 19 terhadap proses pembelajaran SMAN 3 Pematangsiantar, yang mana akibat dari keberadaan penyakit ini, menyebabkan pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah membuat kebijakan social distancing yang berdampak juga kepada sistem pendidikan di Indonesia.

Penelitian ini membahas tentang Akibat kebijakan pemerintah didalam sistem pendidikan, membuat setiap sekolah wajib melakukan pembelajaran daring. Namun apakah setiap sekolah sudah bersiap terhadap keberadaan sistem pembelajaran daring termasuk sekolah SMAN 3 Pematangsiantar lokasi penelitian ini. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dampak dari proses pelaksanaan pembelajaran daring yang diterapkan oleh pihak SMAN 3 Pematangsiantar ditengah Pandemi COVID 19 yaitu Pelaksanaan pembelajaran daring yang diterapkan oleh pihak SMAN 3 Pematangsiantar ditengah pandemi covid 19 adalah sangat sulit, dimana masih banyak kendala yang dihadapi baik oleh guru, siswa, dan orang tua untuk dapat melaksanakan pembelajaran daring yang baik dan sesuai dengan harapan sekolah. Dampak dari pembelajaran daring yang diterapkan oleh pihak sekolah SMAN 3 Pematangsiantar ditengah Pandemi COVID 19 adalah terhadap orangtua, siswa dan guru memberi dampak positif dalam proses pembelajarannya, yang mana kemampuan guru dalam pembelajaran daring menjadi lebih baik, sedangkan orang tua menjadi lebih tahu hasil belajar anak serta dapat mengawasinya, sedangkan siswa mengalami perubahan dimana menjadi lebih teratur mendahulukan pembelajaran dan tugas dari pada waktu bermain sehingga hasil belajarnya menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Gultom, S., & Sitinjak, I. Y. (2022). DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SMAN3 PEMATANGSIANTAR . Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 27–38. https://doi.org/10.36985/jma.v2i1.282

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>