MOTIVASI ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI PKN DI SMP NEGERI 2 PURBA SIMPANG HARANGGAOL KECAMATAN PURBA KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Krissi Wahyuni Saragih Universitas Simalungun
  • Christian Daniel Hermes Universitas Simalungun
  • Rosprida Sinaga Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jma.v1i2.289

Keywords:

Motivasi, Orangtua, Minat Belajar

Abstract

            Motivasi adalah wujud aktif dorongan serta semangat yang diberikan dengan  tujuan  untuk  memacu sehingga akan  timbul  keinginan yang besar. Penelitian akan dilakukan di SMP Negeri 2 Purba Simpang Haranggaol Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, dan yang menjadi  responden adalah siswa  di kelas VIII  pada  sekolah  tersebut.

            Pengambilan data dilakukan dengan memakai angket yang terdiri dari sepuluh  pertanyaan yang memiliki kaitan dengan pokok permasalahan didalam penelitian ini. Setelah dilakukan analisa data dengan memakai metode kualtiatif deskriptif maka kemudian  didapatkan data sebagai berikut:

  1. Ada pengaruh motivasi orangtua dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Purba Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, dimana  pengaruh   tersebut sangat besar.

Motivasi orangtua  dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII  SMP Negeri 2 Purba Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun dinyatakan didalam hal-hal berikut ini: Anjuran orangtua untuk berdoa sebelum berangkat ke sekolah, Orangtua berjanji memberikan hadiah jika meraih prestasi di sekolah, Orangtua membantu menyelesaikan PR, Orangtua mengingatkan untuk mengulang pelajaran di sekolah, Orangtua menyemangati anak didik dalam belajar, Orangtua bersedia memberikan les tambahan atau privat kepada anak didik.

Downloads

Published

2020-10-27

How to Cite

Saragih, K. W., Hermes, C. D., & Sinaga, R. (2020). MOTIVASI ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI PKN DI SMP NEGERI 2 PURBA SIMPANG HARANGGAOL KECAMATAN PURBA KABUPATEN SIMALUNGUN. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.36985/jma.v1i2.289

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>