KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU MENDORONG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 2 RAYA KECAMATAN PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun
  • Mariah Sonanggok Purba Universitas Simalungun
  • Birman Saragih Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jma.v1i1.290

Keywords:

Kerjasama, Kegiatan Belajar dan Mengajar, Orangtua dan Guru

Abstract

Pendidikan disekolah diharapkan mengembangkan potensi siswa  baik  berpikir, bersikap  maupun  bertingkah laku agar  berkembang  menjadi  manusia yang mandiri dan dewasa dalam kehidupannya. Kerja sama antara kedua komponen ini akan menghasilkan kekuatan luar biasa yang bisa menumbuhkan motivasi belajar anak. Untuk menghasilkan kolaborasi dalam rangka mencapai tujuan  yang baik maka pola kerja sama antara ke duanya harus dirancang sedemikian rupa.

            Adapun populasi didalam penelitian ini adalah siswa-siswi di SMP Negeri 2 Raya Kecamatan Pematang Raya Kabupaten Simalungun, dan kemudian telah ditetapkan sampel di dalam penelitian ini adalah siswa di kelas  VII. Penganalisaan data dilakukan dengan  memakai  metode  deskriptif  kualitatif, dimana pada akhirnya didapatkan hasil penelitian bahwa telah  terjadi  kerjasama  orangtua  dan  guru  dengan  baik  di dalam   mendorong  kegiatan  belajar  siswa. Kerjasama  orangtua  dan  guru  tersebut  dapat  mempengaruhi  prestasi belajar  siswa  karena  kerjasama  tersebut  dapat  mendorong  kegiatan  belajar  anak  baik  di sekolah maupun  di rumah.

Downloads

Published

2020-04-06

How to Cite

Gultom, S., Purba, M. S., & Saragih, B. (2020). KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU MENDORONG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 2 RAYA KECAMATAN PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36985/jma.v1i1.290

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>