PERANAN KERJASAMA GURU PKN DENGAN ORANGTUA SISWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 HUTABAYU RAJA KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Christian Daniel Hermes Dosen Prodi PPKn FKIP USI
  • Krissi Wahyuni Saragih Dosen Prodi PPKn FKIP USI
  • Elseria Saragih Mahasiswa Prodi PPKn FKIP USI

DOI:

https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v3i1.386

Keywords:

Kerjasama, Prestasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peranan kerjasama guru PKn dengan orangtua siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Hutabayu Raja Kabupaten Simalungun.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan instrumen yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Penulis juga mengadakan wawancara dan kajian dokumentasi untuk mengumpulkan literatur yang dapat mendukung jalannya penelitian.

Data yang terkumpul untuk selanjutnya data tersebut di analisa menggunakan rumus:

P     =   x 100 %

Hasil Penelitian adalah kerjasama antara guru bidang studi PKn dengan orang tua siswa sangatlah penting dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Apabila terjalin satu kerjasama antara orang tua dan guru, maka besar harapan dapat membawa dampak positif bagi anak yaitu anak akan lebih berhasil dalam belajar. Kerjasama yang erat antara sekolah, keluarga dan masyarakat inilah diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Prestasi belajar anak bukanlah semata-mata ditentukan atau dipengaruhi dari dalam diri anak itu sendiri seperti IQ, minat, motivasi dan lain-lain, tetapi juga ditentukan oleh faktor dari luar diri anak, seperti keadaan pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Downloads

Published

2022-04-10

How to Cite

Hermes, C. D., Saragih, K. W., & Saragih, E. (2022). PERANAN KERJASAMA GURU PKN DENGAN ORANGTUA SISWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 HUTABAYU RAJA KABUPATEN SIMALUNGUN. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v3i1.386

Most read articles by the same author(s)