PENGARUH PARTISIPASI ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PKN DI KELAS VIII SMP YAYASAN KERASAAN KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Mariah Sonanggok Purba Universitas Simalungun
  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun
  • Linda Napitupulu Universitas Simalungun

Keywords:

Partisipasi Orang Tua, Minat Belajar, Bidang Studi PKn

Abstract

Partisipasi orang tua berperan dalam pembentukan sikap siswa dan prestasi yang cukup dan berkualitas serta sikap yang demokratis dan bijaksana dari orang tua siswa dapat meningkatkan keinginan untuk lebih giat belajar supaya dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi. Oleh karena itu, partisipasi orang tua sangat diperlukan untuk mengontrol perilaku anak, khususnya dalam hal belajar perlu mendapat perhatian yang serius.

            Penelitian akan dilakukan di SMP Yayasan  Kerasaan Kabupaten Simalungun, serta yang menjadi responden di dalam penelitian ini adalah siswa  di kelas  VIII pada sekolah tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan  memakai angket yang terdiri dari  sepuluh pertanyaan yang memilki  keterkaitan  dengan  pokok  permasalahan di dalam penelitian ini.

            Kemudian dilakukan penganalisaan data dengan memakai metode deskriptif kualitiatif dan akhirnya didapatkan hasil penelitian bahwa:

  1. Terdapat pengaruh partisipasi orang tua dengan minat belajar dalam bidang studi PKn pada siswa kelas VII SMP Yayasan Kerasaan Kabupaten Simalungun. Pengaruh partisipasi orang tua dengan minat belajar dalam bidang studi PKn sangat  besar dan  signifikan, hal  itu  terbukti  dari  jawaban  responden  yang  hampir  seluruhnya  menjawab  ya yakni sebanyak 92, 80%.

Published

2021-01-25