PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun
  • Mariah Sonanggok Purba Universitas Simalungun
  • Minar Sitohang Universitas Simalungun

Keywords:

Status Sosial, Disiplin Belajar, Prestasi

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha orang dewasa secara dasar untuk membingbing dan mengembangkan kepribadian serta kemampuan dasar anak didik baik dalam bentuk pendidikan formal,informal dan non formal. Status  sosial  ekonomi  orangtua adalah  salah  satu  faktor  yang  mempunyai peranan penting di dalam meningkatkan  prestasi belajar siswa. Status sosial ekonomi tersebut mampu memenuhi  segala  kebutuhan  anak  didik  terkait  di dalam  menyelesaikan  pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Pematangsiantar, sedangkan sample diambil secara acak dari siswa  kelas  VIII yang  berjumlah  35  orang.

             Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan angket, dimana   angket tersebut terdiri dari sepuluh pertanyaan yang terkait  dengan  permasalahan  didalam  penelitian ini. Penganalisaan dilakukan dengan memakai metode deskriptif kualitatif, dimana  data  akan  dianalisa  dengan  melakukan  penggambaran  yang  mendalam.

            Pada  akhirnya  setelah  dilakukan  penganalisaan  maka  didapatkan  hasil yaitu, Ada hubungan antara status sosial terhadap disiplin belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar, dimana  hubungan tersebut  sangat  kuat. Hubungan tersebut terbangun  dari kesadaran anak didik akan keadaan status sosial ekonomi keluarga sehingga  mendorong  anak  didik  disiplin di dalam  belajar  sehingga  anak  menjadi  berprestasi  dan pintar.

Published

2021-01-25