PENGARUH PEMENUHAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP YP KELUARGA PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Elmas Dwi Ainsyiyah Universitas Simalungun
  • Christian Daniel Hermes Universitas Simalungun
  • Misran Universitas Simalungun

Keywords:

Psikologis, Motivasi Belajar, Pengaruh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemenuhan kebutuhan psikologis dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP YP Keluarga Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mengamati gelaja-gejala dan peristiwa yang terjadi saat ini, untuk mengetahui hubungan antara variabel penelitian yang telah ditetapkan yaitu hubungan pengaruh kebutuhan pemenuhan psikologis dengan peningkatan motivasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Moment diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara pemenuhan kebutuhan psikologis dengan prestasi belajar siswa (rxy = 0,212 ; p < 0.010). Artinya semakin tinggi pemenuhan kebutuhan psikologis yang diterima siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa tersebut. Adapun koefisien diterminan hubungan ini adalah sebesar (r2 = 0,045) yang berarti 4,5% prestasi dibentuk oleh pemenuhan kebutuhan psikologis dan sisanya 65,5% dibentuk oleh faktor-faktor lain. Melalui perhitungan perbandingan mean hipotetik dan mean empirik diketahui bahwa subjek peneliti memperoleh pemenuhan kebutuhan psikologi yang tinggi karena mean hipotetik (36) lebih kecil (<) dari mean empirik (61,277)

Published

2021-01-25