PERANAN BUKU PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DAN VIII DI MTs AL JIHAD KERASAAN KECAMATAN PEMATANG BANDAR KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Christian Daniel Hermes Universitas Simalungun
  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun
  • Rosma Fajar Universitas Simalungun

Keywords:

Buku Perpustakaan, Prestasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana siswa-siswi kelas VII MTs Al Jihad Kerasaan dalam memanfaatkan buku perpustakaan untuk peningkatan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VII dan VIII MTs Al Jihad Kerasaan sedangkan sampel ditetapkan berjumlah 40 siswa.

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh data yaitu berdasarkan observasi, wawancara, dan pemberian angket. Untuk mencari hubungan antara variabel bebas dan terikat dipergunakan koefisien korelasi Product Moment oleh Pearson dengan rumus:

Rxy =

Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai Rxy dalam penelitian ini adalah 0,663. Hal ini melebihi nilai tabel “R” product moment dimana yang dijadikan patokan untuk N = 40 adalah 0,312. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa korelasi kegiatan dalam memanfaatkan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa-siswi MTs Al Jihad Kerasaan adalah signifikan.

Published

2021-01-27