PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TANPA BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN GENERATOR 3 KW DENGAN MOTOR LISTRIK AC 0,735 KW PUTARAN 14OO rpm

Authors

  • Indra Gunawan Universitas Simalungun
  • Timbul Purba Universitas Simalungun

Keywords:

Generator, Motor Listrik, Flywheel, Recycle Energy

Abstract

Generator adalah suatu alat yang dapat mengubah tenaga mekanik menjadi energi listrik. Tenaga mekanik bisa berasal dari panas, air, uap, dll. Energi listrik yang dihasilkan oleh generator bisa berupa Listrik AC (listrik bolak-balik) maupun DC (listrik searah). Hal tersebut tegantung dari konstruksi generator yang dipakai oleh pembangkit tenaga listrik.

Krisis energi listrik di Indonesia berdampak pada semakin meningkatnya pengguna generator set atau sering disebut genset yang pada dasarnya menggunakan bahan bakar minyak bumi, dimana minyak bumi tersebut mahal dan sulit didapat karna berkurangnya sumber minyak bumi yang ada di bumi (Krisis Energi). Maka perlu direncanakan mesin pembangkit listrik tanpa bahan bakar dengan menggunakan system kerja recycle energy yang mampu bekerja dengan baik.

Pada perencanaan mesin tersebut dilakukan langkah – langkah proses pembuatan, perhitungan komponen, dan gambar teknik mesin pembangkit listrik tanpa bahan bakar tersebut yang nantinya dapat dirancang menjadi satu unit mesin sebagai pengganti genset berbahan bakar minyak bumi.Maka perhitungan dari perencanaan ini yaitu generator 3 KW, motor listrik 0,735 KW putaran 1400 rpm, flywheel 330 mm massa 20 kg, sistem transmisi sabuk dan puli, dengan sistem kerja mesin yakni recycle energy.

Downloads

Published

2021-12-20