PERBANDINGAN KELAYAKAN PERKERASAN KAKU DENGANPERKERASAN LENTUR DITINJAU DARI METODE PELAKSANAAN DAN BIAYA TERHADAP HARGA SATUAN PADA PAKET APBN SUMATERA UTARA (Studi Kasus Jalan Nasional Tebing -Tinggi Kisaran-Rantau Prapat)

Authors

  • H. Asril Nizar Universitas Simalungun
  • Justin M. Sinaga Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jsl.v1i2.15

Keywords:

Perkerasan lentur, perkerasan kaku, biaya konstruksi, metode pelaksanaan pekerjaan konstruksi

Abstract

Penelitian ini membandingkan Paket- Paket tahun seblumnya dengan umur rencana yang sudah direncanakan, serta akan membandingkan dari segi biaya antara paket yang sedang berjalan saat ini di Ruas Jalan Nasional Tebing Tinggi – Kisaran – Rantau Prapat. Pada kegiatan ini metode penelitian dibagi menjadi 4 tahap, yaitu tahap pertama adalah studi literatur dan survey awal, tahap kedua pengumpulan data skunder sebagai pendukung penelitian,tahap ketiga melakukan analisa pembahasan dari setiap pekerjaan dan tahap ke empat adalah kesimpulan dansaran dari hasil pembahasan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan perbedaan dari segi metodepelaksanaan antara pekerjaan perkerasan lentur dan pekerjaan perkerasan kaku terdapat pada pengerjaan pemadatan, pada perkerasan lentur pemadatan dilakukan dengan 3  tahap (pemadatan awal, pemadatan antara dan pemadatan akhir), sedangkan pada perkerasan kaku pemadatan dilakukan dengan 1 tahap (dengan alat getarvibrator). Untuk pengerjaan perkerasan lentur tidak memakai bekisting, sedangkan perkerasan kaku memerlukanbekisting. Pada perkerasan lentur tidak memerlukan umur tunggu konstruksi, sedangkan pada perkerasan kakumemerlukan umur tunggu konstruksi (umur beton ± 28 hari).

Downloads

Published

2021-11-23

How to Cite

Nizar, H. A., & Sinaga, J. M. (2021). PERBANDINGAN KELAYAKAN PERKERASAN KAKU DENGANPERKERASAN LENTUR DITINJAU DARI METODE PELAKSANAAN DAN BIAYA TERHADAP HARGA SATUAN PADA PAKET APBN SUMATERA UTARA (Studi Kasus Jalan Nasional Tebing -Tinggi Kisaran-Rantau Prapat). Jurnal Santeksipil, 1(2). https://doi.org/10.36985/jsl.v1i2.15