FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN CABAI MERAH KERITING (Studi Kasus di Kota Pematangsiantar)
DOI:
https://doi.org/10.36985/jak.v1i2.184Keywords:
Penjualan, Biaya Lokasi, Mutu Barang, Lokasi Usaha Cabai Merah KeritingAbstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah lokasi usaha dan mutu barang berhubungan dengan banyaknya cabai merah keriting yang terjual serta untuk mengetahui apakah biaya lokasi, kuantitas cabai merah keriting yang terjual dan kuantitas barang lain yang terjual berpengaruh terhadap pendapatan.Metode analisis data yang digunakan adalah untuk menguji hipotesis 1 dan 2 menggunakan metode chi-kuadrat untuk mengetahui aspek lokasi usaha dan mutu barang berhubungan dengan banyaknya cabai merah keriting yang terjual. Model regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis 3.Hasil dari pengujian tersebut dimana aspek lokasi dan mutu barang cabai merah keriting tidak berhubungan dengan banyaknya cabai merah keriting yang terjual. Biaya lokasi, kuantitas cabai merah keriting yang terjual dan kuantitas barang lain yang terjual mampu menjelaskan variasi pendapatan sebesar 99,2%. Sedangkan sisanya sebesar 0,8% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam persamaan