ANALISIS SEKTOR BASIS BUAH-BUAHAN PADA MASING-MASING KECAMATAN DI KABUPATEN SAMOSIR

Authors

  • Nurmely V Fakultas Pertanian Universitas Methodist
  • Dicci Sagala Fakultas Pertanian Universitas Methodist

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v4i1.365

Keywords:

Tanaman Buah-buahan, Basis, Location quatient, Shift share analysis, Prioritas Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komoditi buah-buahan apa saja yang menjadi komoditi basis pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Samosir, untuk mengetahui komoditi buah-buahan apa saja yang mempunyai pertumbuhan cepat dan berdaya saing pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Samosir dan untuk mengetahui komoditi buah-buahan basis apa saja yang menjadi prorioritas utama, kedua dan ketiga pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Samosir. Penelitian ini menggunakan analisis Location quotient (LQ), analisis Shift Share Analysis (SSA) dan gabungan dari analisis Location Quotient (LQ) dan Shift Share Analysis (SSA). Sampel diambil berdasarkan metode sensus dengan menjadikan semua populasi sebagai sampel dalam penelitian. Dalam hal ini yang menjadi sampel adalah 9 kecamatan di Kabupaten Samosir. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman buah-buahan yang menjadi basis di masing-masing kecamatan Kabupaten Samosir yaitu alpukat, cempedak, mangga, durian, jambu biji, pisang, nenas, pepaya dan sirsak. Tanaman buah-buahan basis yang mempunyai pertumbuhan cepat dan berdaya saing adalah alpukat, durian, pisang dan nenas. Tanaman buah-buahan basis ekonomi yang menjadi prioritas pertama, kedua dan ketiga pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Samosir yaitu: alpukat terdapat di Kecamatan Sitiotio, Ronggur Nihuta dan Pangururan. Durian terdapat di Kecamatan Sitiotio dan Pangururan. Pisang terdapat di Kecamatan Ronggur Nihuta. Nenas terdapat di Kecamatan Ronggur Nihuta dan Pangururan. Komoditi tanaman buah-buahan yang menjadi prioritas kedua pengembangannya adalah komoditi alpukat terdapat di Kecamatan Sianjur Mulamula, Harian dan Simanindo. Durian terdapat di Kecamatan Palipi. Pisang terdapat di Kecamatan Palipi. Jambu biji terdapat di Kecamatan Palipi. Pepaya terdapat di Kecamatan Pangururan. Nenas terdapat di Kecamatan Palipi. Komoditi tanaman buah-buahan yang menjadi prioritas ketiga adalah mangga terdapat di Kecamatan Sitiotio dan Simanindo. Pepaya terdapat di Kecamatan Simanindo. Jambu biji terdapat di Kecamatan Simanindo. Cempedak terdapat di Kecamatan Sianjur Mulamula. Sirsak terdapat di Kecamatan Simanindo.

This study aims to find out what fruit commodities are the base commodities in each sub-district in Samosir Regency, to find out what fruit commodities have fast growth and competitiveness in each sub-district in Samosir Regency and to find out what base fruit commodities are the main, second and third commodities in each sub-district in Samosir Regency. This study used Location quotient (LQ) analysis, Shift Share Analysis (SSA) analysis and a combination of Location Quotient (LQ) and Shift Share Analysis (SSA) analysis. Samples were taken based on the census method by making all populations as samples in the study. In this case, the sample is 9 sub-districts in Samosir Regency. The type of data used in this study is secondary data. The results showed that the fruit plants that are the basis in each district of Samosir Regency are avocado, cempedak, mango, durian, guava, banana, pineapple, papaya and soursop. The base fruit crops that have fast growth and competitiveness are avocado, durian, banana and pineapple. Fruit crops on an economic basis that are the first, second and third priority in each sub-district in Samosir Regency are: avocado is found in Sitiotio, Ronggur Nihuta and Pangururan Districts. Durian is found in Sitiotio and Pangururan districts. Bananas are found in Ronggur Nihuta District. Nenas is located in Ronggur Nihuta and Pangururan Districts. Fruit crop commodities that are the second priority for development are avocado commodities found in Sianjur Mulamula, Harian and Simanindo Districts. Durian is located in Palipi District. Bananas are found in Palipi District. Guava is found in Palipi District. Papaya is found in Pangururan District. Nenas is located in Palipi District. Fruit crop commodities that are the third priority are mangoes found in Sitiotio and Simanindo Districts. Papaya is found in Simanindo District. Guava is found in Simanindo District. Cempedak is located in Sianjur Mulamula District. Soursop is located in Simanindo District.

 

Published

2022-02-01

How to Cite

Nurmely V, & Sagala, D. . (2022). ANALISIS SEKTOR BASIS BUAH-BUAHAN PADA MASING-MASING KECAMATAN DI KABUPATEN SAMOSIR. Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.36985/jak.v4i1.365