BASIS TANAMAN PERKEBUNAN PADA MASING-MASING KECAMATAN DI KABUPATEN DAIRI

Authors

  • Indrawaty Sitepu Fakultas Pertanian Universitas Methodist
  • Samuel Romulus Sidabutar Fakultas Pertanian Universitas Methodist

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v4i1.366

Keywords:

Basis Tanaman Perkebunan, Location quatient (LQ), Shift share, Berdaya Saing, Prioritas Utama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanaman perkebunan yang menjadi basis pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Dairi, untuk menganalisis tanaman perkebunan basis yang mempunyai pertumbuhan cepat,  dan berdaya saing pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Dairi, dan untuk menganalisis tanaman perkebunan basis yang menjadi prioritas pertama, kedua dan ketiga pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Dairi. Penentuan daerah dilakukan secara purposive, yaitu seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi. Data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis Location Quetient, analisis Shift Share, dan gabungan antara analisis Location Quetient dan Shift Share. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa tanaman perkebunan yang menjadi basis di Kabupaten Dairi adalahkopi robusta, pinang, kulit manis, coklat, dan kelapa. Tanaman perkebunan yang mempunyai pertumbuhan cepat adalah kopi arabika,  kelapa sawit, karet, pinang,dan coklat. Tanaman perkebunan yang berdaya saing adalah kopi arabika,gambir,aren, coklat,dan kelapa. Tanaman perkebunan yang mempunyai prirotas pertama adalah kopi arabika, kelapa sawit,  karet, pinang dan coklat; prioritas kedua adalah kopirobusta, kopi arabika, karet,pinang, dan coklat; prioritas ketiga adalah aren, lada, kulitmanis, kemenyan, dan kelapa.

This study aims to analyze plantation crops that are the basis for each sub-district in Dairi Regency, to analyze base plantation crops that have fast growth, and are competitive in each sub-district in Dairi Regency, and to analyze base plantation crops that are the first, second and third priorities in each sub-district in Dairi Regency. The determination of the area is carried out purposively, namely all sub-districts in Dairi Regency. The data used is secondary data. The data analysis used is Location Quetient analysis, Shift Share analysis, and a combination of Location Quetient and Shift Share analysis. The results of the study obtained that the plantation plants that are the base in Dairi Regency are opi robusta, phost, kulit manis, coklat, and kelapa. Plantation crops that have fast growth are arabica coffee, oil palm, rubber, betel nut, and chocolate. Competitive plantation crops are arabica coffee, gambir, palm, chocolate, and coconut. Plantation crops that have the first prirotas are arabica coffee, oil palm, rubber, betel nut and chocolate; the second priority is kopirobusta, arabica coffee, rubber, betel nut, and chocolate;  the third priority is palm, pepper, sweetener, frankincense, and coconut.

 

Published

2022-02-01

How to Cite

Sitepu, I., & Sidabutar, S. R. (2022). BASIS TANAMAN PERKEBUNAN PADA MASING-MASING KECAMATAN DI KABUPATEN DAIRI. Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 4(1), 12–26. https://doi.org/10.36985/jak.v4i1.366