EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Adinda Jato Universitas Simalungun ( USI )

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v3i2.173

Keywords:

Pembelajaran Daring dan Luring, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Siswa kelas VII

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran daring dan pembelajaran luring , agar tujuan pendidikan bisa tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bagaimana efektivitas pembelajaran daring dan pembelajaran luring di SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Langkah-langkah penelitian ini meliputi perencanaan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus-kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Informan dalam ini adalah  kepala sekolah, guru dan siswa kelas VII-7 dan kelas VII-8. Teknik Pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan angket. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid – 19 meliputi pengiriman  materi  dan tugas secara  online melalui aplikasi WA menggunakan hp/laptop. Sedangkan strategi pada pembelajaran luring meliputi: 1) guru menggandakan materi ajar,  2) siswa maupun orang tua datang langsung ke sekolah untuk mengambil soal, dan 3) siswa masuk sekolah dengan jadwal bergantian saat pandemi. Dari hasil penelitian terdapat ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya akan tetapi pihak sekolah dan guru  harus berusaha dengan baik agar bisa   mencerdaskan perserta didik. Baik sistem pembelajaran daring dan luring diharapkan guru dapat kreatif dalam mendidik peserta didik, supaya keberhasilan pembelajaran bisa tercapai dengan baik atau efektif. Penelitian ini memberikan informasi bahwa kepala sekolah dan guru sebenarnya lebih memilih pembelajaran luring di mana bisa berinteraksi dengan siswa, dan juga siswa lebih menyukai pembelajaran luring dengan adanya tatap muka

Downloads

Published

2021-10-22

How to Cite

Adinda Jato. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 3(2), 58–85. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v3i2.173