PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP YPK PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Rizki Wulandari SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar
  • Rahmat Kartolo Silitonga Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v4i2.488

Keywords:

Number Head Together, Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Model Number Head Together Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi SiswaKelas VIII SMP YPK Pematangsiantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Korelasi Penerapan Model Number Head Together Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Kelas VIII SMP YPK Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik Pengumpulan data penelitian ini berbentuk essay test.Teknik pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22. Analisis data dilakukan dengan cara uji product moment, uji t regresi linear sederhana, mencari rata-rata (X) dan (Y), standar deviasi (S), dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikan  = 0,05. Nilai rata-rata pre-test dan post-test adalah 62,72 dan 88,50. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung 3,415 > ttabel 2,00 yang menunjukkan bahwa Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Jadi, ada pengaruh penggunaan model Number Head Together terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Diperoleh hasil bahwa Kemmapuan menulis tek eksplanasi peserta didik meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Wulandari, R., & Silitonga, R. K. (2022). PENGARUH MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP YPK PEMATANGSIANTAR. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 4(2), 98–104. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v4i2.488