PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA DEWANTARA SEBERTUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Sri Sebayang STKIP Budidaya
  • Fheti Wulandari Lubis STKIP Budidaya
  • Resmi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.721

Keywords:

Probing Prompting, Model Pembelajaran, Teks Prosedur

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang paling mendasari dalam kehidupan manusia. mengetahui pengaruh Penggunaan model pembelajaran Probing Prompting Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Dewantara Sebertung Tahun Pembelajaran 2022/ 2023 adalah tujuan dalam penelitian ini sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang berada dalam sampel dengan 30 orang yang mengikuti tes awal dan 34 orang mengikuti tes akhir. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Probing Prompting Learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Swasta Dewantara Sebertung Tahun Pembelajaran 2022/ 2023. Dari hasil tes diketahui bahwa nilai rata-rata hasil tes kelas kontrol sebesar 72,66 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 79,26. Kedua data berdistribusi normal, kedua data berjenis homogen. Dari perhitungan diperoleh besar nilai 8, 57 sedangkan 2,00, sehingga > , sehingga hipotesis yang diajukan terbukti kebenaranya, yaitu ada pengaruh model pembelajaran Probing Prompting Learning terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Swasta Dewantara Sebertung Tahun Pembelajaran 2022/ 2023.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Sebayang, S., Lubis, F. W., & Resmi. (2023). PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA DEWANTARA SEBERTUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.721

Most read articles by the same author(s)