Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei
DOI:
https://doi.org/10.36985/8gf25737Kata Kunci:
Model Pebelajaran, Teks EksplanasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panombeian Panei. Metode penelitian pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Teknik pengumpulan data tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS Version 2.6 Windows. Hasil uji normalitas dilihat dari nilai sig. > 0,05 maka data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas 0,593 > 0,05 artinya data penelitian homogen atau sama. Hasil uji paired sample t-test sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 terdapat nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok ekperimen pre-test 65,07 dan post-test 84,43. Nilai rata-rata pre-test kelompok kontrol 61,83 dan post-test 79,23. Model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan dan berpengaruh signifikan terhadap hasil menulis belajar teks eksplanasi. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Vivi Deviani, Tuti Ariani Nasution, Rosmeri Saragih (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



