https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/issue/feed Artikulasi : Jurnal Pendidikan 2023-11-20T11:22:05+07:00 Netti Marini, S.Pd., M.Pd marininetti@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Artikulasi : Jurnal Pendidikan </strong>merupakan jurnal yang bergerak di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun.</p> <p>Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun pada bulan<strong> April</strong> dan<strong> Oktober</strong>. Penerbitan artikel dalam jurnal ini melalui proses riviewer</p> https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/911 PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DI KELAS X SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR 2023-11-20T11:22:05+07:00 Bunga Sitorus bungasitorus7@gmail.com Tutiariani Nasution tutiarianinasution1958@gmail.com Berlian Romanus Turnip berlinrturnip@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model <em>Problem Based Learning</em> Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot di Kelas X SMK Negeri 1 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian yang meliputi <em>pre-test</em> (Tes Awal) dan <em>post-test</em> (Tes Akhir). Model Problem Based Learning (X) dan Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot (Y). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji <em>Paired sample t-test</em> dengan bantuan program SPSS 2.1 <em>For Windows.</em> Hasil penelitian ini&nbsp; menunjukkan bahwa hasil belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode ceramah memiliki nilai rata rata <em>post-test</em> sebesar 71,83 berada pada kategori cukup. Sedangkan hasil belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan model <em>problem based learning</em> memiliki nilai rata rata <em>post-test</em> sebesar 87,20 berada pada kategori baik. Pada pengujian <em>paired sample-t test</em> diperoleh nilai t hitung = 28.944 dan nilai sig. (<em>2 tailed</em>) 0,000. Nilai distribusi t tabel dapat dilihat berdasarkan df = 29 dengan taraf signifikan &nbsp;= 0,05 adalah 2,045. Karena nilai t hitung &gt; t tabel (28,944 &gt; 2,045) dan sig (<em>2 tailed</em>) 0,000 &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model <em>problem based learning</em> terhadap kemampuan menganalisis teks anekdot.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Bunga Sitorus, Tutiariani Nasution, Berlian Romanus Turnip https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/912 TINDAK TUTUR LOKUSI PADA NOVEL “JEJAK SANG PERWIRA” KARYA ROBERTUS WIDIATMOKO 2023-11-20T11:19:06+07:00 Dianda Endah Purwanti diandaendah13@gmail.com Rosmeri Saragih rosmerisaragih27@gmail.com Berlian Romanus Turnip berlinrturnip@gmail.com <p style="text-align: justify;">Kalimat atau bahasa digunakan dengan baik dalam proses komunikasi dengan memerhatikan pragmatik. Bidang pragmatic salah satunya adalah tindak tutur. Penelitian dengan judul “Tindak Tutur Lokusi Pada Novel “Jejak Sang Perwira” Karya Robertus Widiatmoko (Kajian Pragmatik), memiliki rumusan masalah&nbsp; jenis-jenis tindak tutur lokusi apa yang terdapat pada novel “Jejak Sang Perwira” karya Robertus Widiatmoko dan bagaimanakah makna tindak tutur lokusi pada novel “Jejak Sang Perwira” karya Robertus Widiatmoko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tindak tutur lokusi dan makna tindak tutur lokusi pada&nbsp; novel “Jejak Sang Perwira” karya Robertus Widiatmoko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif analisis isi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data yang terdapat pada novel “Jejak Sang Perwira” karya Robertus Widiatmoko. Fokus penelitian ini yaitu tindak tutur lokusi dan makna tindak tutur lokusi pada novel tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu tindak tutur lokusi dan makna tindak tutur lokusi pada novel “Jejak Sang Perwira” karya Robertus Widiatmoko ialah tindak tutur lokusi deklaratif, interogatif dan imferatif.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Dianda Endah Purwanti, Rosmeri Saragih, Berlian Romanus Turnip https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/913 PENERAPAN MODEL RETELLING STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR 2023-11-20T11:16:54+07:00 Dita Ayu Pratiwi ditaayu0108@gmail.com Netti Marini marininetti@gmail.com Resmi sinuratresmi@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model <em>retelling story</em> serta mengetahui kemampuan menyimak siswa agar mencapai suatu hasil pembelajaran yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan teknik korelasional. Penelitian ini menggunakan metode <em>essay test</em> sebagai alat pengumpul data.&nbsp; Bentuk <em>essay test</em> yang digunakan berupa <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em>. Tes yang digunakan berbentuk uraian dengan satu soal yang berhubungan dengan penerapan model <em>retelling story</em> terhadap kemampuan menyimak teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Tes tersebut digunakan sebagai alat pengumpul data yang yang berisi rangkaian pertanyaan yang digunakan untuk mengukur pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki individu atau kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em> ( penyampelan secara acak berdasarkan klaster ). Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model <em>retelling story</em> terhadap kemampuan menyimak teks cerita pendek siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar berada ditingkat korelasi yang tinggi yaitu dengan jumlah 0,79. Hasil data <em>pre-test</em> diperoleh nilai rata-rata berjumlah 75,4 dan <em>post-test </em>berjumlah 84,2. Melalui perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 62% berarti model pembelajaran <em>retelling story</em> memengaruhi kemampuan menyimak teks cerita pendek. Dari hasil penelitian hendaknya para siswa lebih giat dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran yang lebih kreatif. Penelitian ini memberikan informasi dan manfaat bagi siswa, pendidik maupun calon tenaga pendidik untuk melakukan persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran agar mendukung hasil pembelajaran yang baik.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Dita Ayu Pratiwi, Netti Marini, Resmi https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/914 PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NATURE LEARNING KELAS X DI SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR 2023-11-20T11:07:37+07:00 Annisa Juspi Amini Nasution nasutionanisa6@gmail.com Netti Marini marininetti@gmail.com Resmi sinuratresmi@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model <em>nature learning</em> kelas x di SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah <em>random sampling.</em> Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian yang meliputi <em>pre-test</em> (Tes Awal) dan <em>post-test </em>(Tes Akhir). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan menulis puisi. Uji hipotesis uji –t diperoleh t<sub>hitung </sub>= 7,61 pada taraf signifikan α = 0,005 dan derajat kebebasan (dk) = N – 2 atau 58 – 2 = 56, maka t<sub>tabel </sub>&nbsp;2,003. Jadi ada pengaruh yang signifikan dari penelitian tentang Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model <em>Nature Learning</em> Kelas X Di SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Annisa Juspi Amini Nasution, Netti Marini, Resmi https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/916 PENGARUH TEKNIK THREE STEP INTERVIEW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPIAN DOLOK 2023-11-20T11:00:05+07:00 Rizky Amalia rizkyamalialiakya@gmail.com Rosmeri Saragih rosmerisaragih27@gmail.com Resmi sinuratresmi@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik <em>three step interview</em> terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapian Dolok. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Alasan penulis menggunakan metode tersebut bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh teknik <em>three step interview</em> dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berupa <em>pre test</em> dan <em>post test</em>. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh teknik pembelajaran terhadap kemampuan menulis teks laporan menggunakan uji hipotesis dengan cara uji “t”. dari analisis data diperoleh t<sub>hitung </sub>= 1,924 dan t<sub>tabel </sub>= 1,673 pada taraf signifikan 0,05% yang berarti t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel.</sub> Analisis data diperoleh nilai rata – rata hasil belajar menggunakan teknik three step interview adalah 82,35. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik <em>three step interview</em> terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Rizky Amalia, Rosmeri Saragih, Resmi https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/917 PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII MTS AL WASHLIYAH SERBELAWAN 2023-11-20T10:57:45+07:00 Yuliani Syahputri yulianisyahputri0607@gmail.com Rosmeri Saragih rosmerisaragih27@gmail.com Netti Marini marininetti@gmail.com <p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi <em>Wattpad </em>Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII MTs Al Washliyah Serbelawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian yang meliputi <em>pre-test</em> (Tes Awal) dan <em>post-test</em> (Tes Akhir). Penggunaan Aplikasi Wattpad (X) dan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi (Y). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Paired sample t-test dengan bantuan program SPSS 2.1 <em>For Windows. </em>Pada pengujian <em>paired sample-t test</em> diperoleh nilai t hitung = 16,068dan nilai sig. (<em>2 tailed</em>) 0,000. Nilai distribusI t tabel dapat dilihat berdasarkan df = 61 dengan taraf signifikan &nbsp;= 0,05 Karena nilai t hitung &gt; t tabel 16,068 dan sig (<em>2 tailed</em>) 0,000 &lt; 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan aplikasi wattpad terhadap Kemampuan Menulis teks cerita Fantasi.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Yuliani Syahputri, Rosmeri Saragih, Netti Marini https://jurnal.usi.ac.id/index.php/artikulasi/article/view/918 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X MIA 3 SMA DUYNHOVEN SARIBUDOLOK 2023-11-20T11:14:10+07:00 Margaretta Stella Ginting margarettaginting9@gmail.com Berlian Romanus Turnip berlinrturnip@gmail.com Tutiariani Nasution tutiarianinasution@gmail.com <p style="text-align: justify;">Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, maka di peroleh skor rata-rata <em>pre-test </em>menulis puisi siswa kelas X SMA Duynhoven Saribudolok adalah 75,5 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 59. Skor rata-rata <em>post-test </em>menulis puisi SMA Duynhoven Saribudolok adalah 78,5 dengan skor tertinggi 97 dan skor terendah 56. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dinyatakan baik. Hasil perhitungan korelasi diperoleh besarnya pengaruh media auio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Duynhoven Saribudolok yaitu r<sub>xy</sub> = 0,64. Maka dinyatakan sebagai korelasi yang kuat. Pengujian hipotesis uji t diperoleh t<sub>hitung </sub>= 7,98 pada taraf signifikan a = 0,05 dan dk = n – 2 atau 60 – 2 = 58 diperoleh t<sub>tabel</sub> = 2,021. Jadi t<sub>hitung</sub> lebih besar dari t<sub>tabel</sub> (t<sub>hitung</sub> 7,98 ≥ t<sub>tabel </sub>2,021.</p> 2023-10-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 Margaretta Stella Ginting, Berlian Romanus Turnip, Tutiariani Nasution